Ledakan Dahsyat Mengguncang Lebanon, Asal Ledakan Dibeberkan Perdana Menteri

Sebuah ledakan dahsyat di Lebanon yang mengakibatkan korban jiwa dan luka-luka bagi warga di kota Beirut.(suryakepri.com/ist/sc video)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Warga masyarakat di Indonesia, termasuk di Batam dihebohkan dengan viralnya video ledakan dahsyat yang mengguncang Lebanon.

Sejumlah potongan video beredar di media sosial, bahkan di grup-grup WhatsApp.

Puluhan warga dilaporkan meninggal dunia dan ribuan orang mengalami luka-luka pasca- ledakan besar yang mengguncang Beirut, Lebanon pada Selasa (4/8/2020) petang.

Ledakan yang berlokasi di kawasan pelabuhan itu mengguncangkan seluruh ibu kota, mengguncang bangunan dan menebarkan kepanikan di antara warganya.

Baca:Nelayan Batam yang Hilang di Perairan Kampung Terih Ditemukan Telah Meninggal

Baca:Kontak Langsung dengan Gubernur Kepri, 14 Pejabat Pemprov Ini Lega Swab Negatif

Baca:Gaul Banget, 5 Shio Ini Paling Keren dari Lahir

Kepulan asap berwarna oranye membubung ke langit setelah ledakan kedua terjadi.

Perdana Menteri Hassan Diab menyatakan, sebanyak 2.750 amonium nitrat yang merupakan pupuk pertanian disinyalir menjadi penyebab insiden.

Pupuk itu, imbuhnya disimpan selama bertahun-tahun dalam gudang di tepi laut. “Memicu bencana alam dalam setiap arti,” kata dia.

Dilansir dari situs web kesehatan dan keselamatan kerja pemerintah negara bagian Australia disebutkan bahwa amonium nitrat merupakan bahan yang tidak berbau, yang biasanya berbentuk butiran (pada pupuk), ada yang kristal, dan berwarna putih.

Dalam situs tersebut dijelaskan bahwa amonium nitrat diklasifikasikan sebagai kelas 5.1 agen pengoksidasi di bawah kode Australian Dangerous Goods (ADG) dan bahan kimia berbahaya di bawah Globally Hamonized System (GHS).

Zat ini adalah oksidator yang kuat dan dapat bereaksi keras dengan bahan yang tidak kompatibel lainnya, sehingga sangat penting untuk menyimpan dan menangani amonium nitrat dengan benar.(*)

Editor: purwoko l Sumber: Kompas

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.