Kontroversi VAR: Hanya Wasit Cakir dan Kalkavan yang Lihat Messi Hands Ball, Video pun Tidak 

Para pemain Barcelona merayakan gol penalti Luis Suarez yang mengubah skor menjadi Barca 3-0 Napoli. (Foto: Uefa.com)
Para pemain Barcelona merayakan gol penalti Luis Suarez yang mengubah skor menjadi Barca 3-0 Napoli. (Foto: Uefa.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Kontroversi video assistant referee (VAR) ketika Lionel Messi dianggap hands ball pada laga Leg II 16 Besar Liga Champions antara Barcelona vs Napoli di Camp Nou, Sabtu (8/8/2020) atau Minggu dinihari waktu Indonesia.

Lionel Messi mengontrol umpan Frenkie de Jong dengan dadanya, kemudian melepaskan tembakan untuk membobol gawang David Ospina pada menit ke-30. Itu gol bersih.

Bola sudah diletakkan di titik tengah lapangan untuk kembali melanjutkan pertandingan, tetapi mendadak wasit Cuneyt Cakir asal Turki memberi isyarat untuk pengecekan VAR. Rekaman video diputar berulangkali dari berbagai sudut.

Bola sama sekali tidak menyentuh tangan Messi, tetapi mata sang wasit melihat hal “berbeda” dan memutuskan “No Goal”. Dia menilai Messi hands ball.

Hanya Cakir dan rekannya sesama Turki Mete Kalkavan (Wasit VAR) yang melihatnya. Rekaman video bahkan tidak “melihatnya” dari sudut manapun.

Tetapi bukan hanya Messi yang mengalaminya. Kalidou Koulibaly juga mengalami sebelum Messi.

Tetapi untuk kasus yang ini, semua orang melihatnya, video rekaman pun menangkapnya. Hanya Cakir dan Kalkavan yang tidak melihat. Keduanya (mungkin) memiliki mata yang berbeda.

Situs Italia Calciomercato menulis, “Jika ini terus berlanjut, kita harus mengevaluasi ulang,  tidak hanya wasit kita di lapangan, tetapi juga yang di depan monitor. VAR of Champions adalah sebuah misteri.”

“Setelah satu serangan di Turin, tidak mampu menghentikan kelakuan buruk [Felix] Zwayer – wasit asal Jerman – saat memimpin laga Juventus vs Lyon.

Dan itu kembali terjadi di Camp Nou dengan pemeran Cakir.

Asisten VAR tidak melakukan intervensi untuk memperingatkan Cakir soal dorongan dua tangan Lenglet yang membuat Diego Demme membentur Kalidou Koulibaly sehingga terjatuh.

Lenglet kemudian dengan leluasa menanduk bola sepak pojok Ivan Rakitic ke gawang David Ospina. Gol!

Demikian halnya gol Messi yang dianulir. Wasit VAR Mete Kalkavan (Turki) memberi isyarat kepada Cakir mengenai sentuhan tangan dari Messi. Sentuhan tangan yang hanya mereka yang melihatnya, mengakibatkan gol fantastis pemain nomor 10 Argentina itu dibatalkan.

Gol Lenglet memiliki nilai ganda. Dia mendorong Barca menuju kualifikasi dan memadamkan ambisi Napoli yang telah memulai dengan baik, dengan otoritas dan kepribadian, dengan tembakan Dries Mertens dari luar kotak penalti yang sayangnya hanya membentur tiang.

Gunung Everest Bertambah Tinggi 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.