Ronald Koeman Setuju Latih Barcelona, Gantikan Setien yang Dipecat

Ronald Koeman
Ronald Koeman (Foto: Skysports)

SURYAKEPRI.COM – Ronald Koeman setuju latih Barcelona gantikan Quique Setien yang dipecat. Tetapi Barca harus membayar kompensasi ke Koninklijke Nederlandse Voetbalbond (KNVB) karena Koeman saat ini adalah pelatih Timnas Belanda.

Pakar sepak bola Spanyol Graham Hunter menjelaskan mengapa Ronald Koeman akan ditunjuk sebagai manajer baru Barcelona minggu ini untuk mengambil alih dari Quique Setien.

Ronald Koeman pada prinsipnya setuju untuk menjadi manajer Barcelona berikutnya setelah klub mengonfirmasi pemecatan Quique Setien.

Pejabat Barca sedang dalam pembicaraan dengan KNVB mengenai kompensasi, agar dapat menarik pelatih kepala Timnas Belanda itu untuk menggantikan Setien.

Setien dipecat dalam pertemuan dengan direktur teknik Eric Abidal hanya beberapa hari setelah kekalahan 8-2 yang memalukan dari Bayern Munich di perempat-final Liga Champions.

BACA JUGA:

Koeman – mantan pemain hebat Barcelona – dikatakan menjadi pilihan yang disukai presiden Josep Maria Bartomeu. Ini akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan.

Pernyataan Barcelona setelah pemecatan Setien berbunyi: “Ini adalah keputusan pertama dalam restrukturisasi yang lebih luas dari tim utama yang akan disepakati antara sekretaris teknis saat ini dan pelatih baru, yang akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang.”

Mauricio Pochettino (Skysports)
Mauricio Pochettino (Skysports)

Selain Koeman, mantan manajer Tottenham Mauricio Pochettino adalah kandidat kuat dan merupakan pilihan direktur Ramon Planes yang pernah bekerja dengannya di Espanyol.

Namun, kemungkinan pengangkatan Pochettino telah mendapat tentangan dari ‘El Entorno’ – istilah yang diciptakan oleh Johan Cruyff pada tahun 1992 untuk menggambarkan ‘lingkungan’ dari media berpengaruh dan fans di sekitar tim.

Pochettino dikatakan tertarik dengan pekerjaan itu meski itu berarti dia akan “mengkhianati” Espanyol, musuh Barcelona di Catalan. Pochettino pernah menyatakan tidak akan pernah bekerjasama dengan Barcelona.

Dia baru-baru ini melakukan wawancara dengan surat kabar Spanyol El Pais di mana dia mencoba menebus komentar sebelumnya. Pochettino adalah pemain terkemuka dan kemudian menjadi pelatih kepala di Espanyol.

Beberapa anggota pengurus Barca pun membuka peluang untuk meyakinkan Xavi Hernandez untuk kembali ke klub. Dia saat ini menjadi pelatih klub Qatar Al Sadd.

Nama lain yang masuk radar termasuk Laurent Blanc, yang merupakan mantan pemain Barca lainnya, dan pelatih kepala Barca B Garcia Pimienta.

Pemilihan Presiden