Teroris Rencana Serang Pemilik Toko Komunitas Tionghoa di Indonesia

Densus 88 Anti-teror (Foto dari SCMP)
Densus 88 Anti-teror (Foto dari SCMP)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM –  Plot teroris untuk menyerang pemilik toko di wilayah Indonesia yang merupakan rumah bagi komunitas etnis Tionghoa telah digagalkan. Mereka berencana menyusup ke geng motor untuk melakukan serngan.

Polisi menangkap 17 tersangka anggota kelompok teroris Jemaah Islamiah yang terkait dengan al-Qaeda sebelum melakukan serangan di Jawa Barat, kata sumber keamanan senior, Kamis (27/8/2020).

Polisi juga menyita tujuh senjata api dan ratusan peluru.

Jemaah Islamiah adalah kelompok di balik pemboman Bali tahun 2002 yang menewaskan 202 orang, termasuk 11 warga Hong Kong.

“Rencananya adalah menyerang pemilik toko di Banten [provinsi] dan kota Tasikmalaya,” kata sumber tersebut, mengatakan plot tersebut dimotivasi oleh berita palsu, “retorika dan hoax” tentang adanya dukungan terhadap komunisme.

BACA JUGA:

 

“Beberapa anggota Jemaah Islamiah benar-benar percaya komunisme sedang meningkat di Indonesia padahal itu tidak benar,” kata sumber itu, yang berbicara tanpa menyebut nama karena dia tidak berwenang berbicara kepada media.

Banten dan Tasikmalaya adalah rumah bagi komunitas kecil etnis Tionghoa yang menjalankan usaha kecil dan umumnya berasimilasi dengan baik dalam masyarakat.

Sentimen anti-komunis di Indonesia memiliki sejarah panjang yang dibawa ke komunitas etnis Tionghoa.

Pada tahun 1965, Partai Komunis Indonesia (PKI), yang sekarang sudah mati, dituduh membunuh enam jenderal, yang memicu kerusuhan sipil berskala besar di mana ratusan ribu orang – termasuk etnis Tionghoa – yang dicurigai memiliki kecenderungan sayap kiri dibunuh, seringkali di tangan angkatan bersenjata dan milisi anti-komunis.

Kecurigaan akan keterkaitan antara komunitas etnis Tionghoa dan partai komunis masih bertahan hingga hari ini, seringkali terdengar di media hoax dan berita palsu.

Menyusup ke Geng Motor 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.