Lagi-lagi, TNI AL Tangkap Kapal Pencuri Ikan Asal Vietnam di Laut Natuna Utara

Petugas TNI AL saat mengamankan ABK KIA asal Vietnam di laut Natuna Utara, Kepri (Suryakepri.com/ist)

NATUNA, SURYAKEPRI.COM – TNI Angkatan Laut (AL) kembali menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) BV 92398 TS asal Vietnam yang melakukan aktivitas illegal fishing di wilayah Perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau, (29/8/2020).

Kapal pencuri ikan itu berhasil ditangkap KRI Tjiptadi-381 BKO Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada I yang sedang melaksanakan operasi rutin di Perairan Natuna.

Saat itu kapal mendapatkan kontak radar dari kapal yang dicurigai melakukan aktifitas ilegal di laut.

Baca:Ramalan Zodiak Besok Minggu 30 Agustus 2020, Pisces Mencari Ketenangan

Baca:Fans MU Memohon Klub Mengontrak Ronaldo, Jika Messi ke Man City

Baca:Akan Sikat Kapal Asing Pencuri Ikan, TNI AL Minta Nelayan Kepri Jangan Takut Melaut

Pengejaran pun dilakukan dan berusaha untuk melakukan kontak radio tetapi tidak diindahkan oleh kapal ikan asing tersebut.

Kapal Ikan Asing (KIA) berusaha melarikan diri keluar dari garis Landas Kontinen Indonesia, dikejar dan diberi tembakan peringatan, akhirnya berhasil diberhentikan oleh KRI Tjiptadi-381.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap muatan, dokumen dan ABK kapal tersebut oleh Tim Visit Board Search and Seizure (VBSS) KRI Tjiptadi-381.

Dari pemeriksaan awal, diperoleh nama Kapal BV 93398 TS berbendera Vietnam diawaki sembilan orang berkewarganegaraan Vietnam dengan muatan ikan campur sekitar setengah ton hasil dari aktifitas menangkap ikan secara ilegal di Perairan Zona Economy Ekslusif (ZEE) Indonesia di Laut Natuna Utara.