Enam FTZ di China Terbukti Dongkrak Investasi dan Perkuat Perdagangan

Kawasan FTZ atau perdagangan bebas di Shanghai, China. (Foto dari intheblack)
Kawasan FTZ atau perdagangan bebas di Shanghai, China. (Foto dari intheblack)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BEIJING, SURYAKEPRI.COM – Enam Free Trade Zone (FTZ) atau zona perdagangan bebas percontohan di China terbukti mendongkrak investasi asing dan memperkuat perdagangan dalam tujuh bulan pertama tahun ini, meskipun ada sentimen penurunan di pasar global.

Itu menurut data resmi dari Kementerian Perdagangan China pada Rabu (2/9/2020) seperti dikutip dari kantor berita Xinhua.

Enam FTZ percontohan di wilayah Shandong, Jiangsu, Guangxi, Hebei, Yunnan, dan Heilongjiang, Area Lingang Shanghai, wilayah yang baru diluncurkan dari FTZ Shanghai.

Wilayah FTZ tersebut berhasil menarik 13,11 miliar yuan (sekitar $1,9 miliar/28,2 triliun) investasi asing selama periode Januari-Juli, papar Tang Wenhong, seorang pejabat dari Kementerian Perdagangan China dalam konferensi pers.

BACA JUGA: 

Perdagangan luar negeri di FTZ tersebut mencapai 660,76 miliar yuan (Rp1.434 triliun) dalam periode tujuh bulan, terhitung 10,8 persen dari total perdagangan luar negeri di kawasan.

Angka tersebut bahkan hampir menyamai perkiraan penerimaan Indonesia pada APBN 2020 yang dipatok sebesar Rp1.760,9 triliun.

“FTZ percontohan tersebut telah memainkan peran positif dalam menstabilkan perdagangan dan investasi luar negeri di tengah pasar internasional yang lesu,” kata Tang.

Ketika reformasi kelembagaan terus diperdalam, FTZ akan memberikan kontribusi lebih lanjut untuk mengejar keterbukaan tingkat yang lebih tinggi di negara itu, kata Tang.(*)

Editor: Eddy Mesakh | Sumber: Xinhua

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.