Kuwait, Negara Timur Tengah Terkaya di Dunia Hampir Kehabisan Uang

Kuwait, salah satu negara terkaya di dunia hampir kehabisan uang. Bukn karena Covid-19. tetapi karena kajatuhan harga minyak dunia yang telah berlangsung sejak tahun 2014. Pandemi Covid-19 semakin memperparah. (Foto dari wam.ae)
Kuwait, salah satu negara terkaya di dunia hampir kehabisan uang. Bukn karena Covid-19. tetapi karena kajatuhan harga minyak dunia yang telah berlangsung sejak tahun 2014. Pandemi Covid-19 semakin memperparah. (Foto dari wam.ae)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Kuwait, salah satu negara Timur Tengah terkaya di dunia, kini hampir kehabisan uang. Negara terkaya ketiga di Teluk itu mengalami defisit tujuh tahun berturut-turut dan kini sedang menguras tabungan yang disimpan sejak 1976.

Seperti dilaporkan Bloomberg News, negara yang pernah menumpuk banyak kekayaan dengan mengekspor minyak dan pernah dikenal sebagai salah satu negara terkaya di dunia, kini menghadapi kendala finansial akibat anjloknya harga minyak.

Media Amerika itu bahkan menyatakan dalam tajuk berita bahwa negara ini “hampir kehabisan uang”

Menurut laporan Bloomberg, alasan yang menyebabkan Kuwait jatuh ke dalam situasi tersebut adalah berlanjutnya penurunan harga minyak mentah internasional sejak 2014.

BACA JUGA:

Ditambah dengan dampak pandemi corona (Covid-19) tahun ini, dan pemerintah berbagai negara sedang mencari energi bersih alternatif untuk konservasi energi dan pengurangan emisi, dalam keadaan seperti itu, harga minyak mentah terus mengalami tekanan penurunan.

Sementara itu, menurut laporan Bloomberg, negara yang 90% pendapatan fiskalnya bertumpu pada ekspor energi ini masih tergolong “mewah” dalam hal belanja publik.

Misalnya, ketika harga minyak sempat tinggi sebelumnya, pemerintah langsung membagikan uang tunai kepada seluruh rakyat. Itu masih berlangsung, dan perusahaan minyak milik negara, yang menyerap 80% tenaga kerja, masih memberikan gaji dan tunjangan lebih banyak kepada karyawannya dibanding perusahaan swasta.

Akibatnya, defisit fiskal negara menjadi semakin serius, dan telah mengalami defisit fiskal selama tujuh tahun berturut-turut sejak 2014.

Kuras Tabungan

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.