8 Manfaat Lada Hitam untuk Bumbu Masakan

Ilustrasi: Selama ini lada hitam lebih banyak dikenal sebagai bumbu masakan, namun sebenarnya rempah ini juga menyimpan pelbagai manfaat bagi kesehatan. (Foto: Istockphoto/khouwes)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Sebagian dari Anda barangkali mengenal lada hitam sebagai bahan masakan, ada yang berbentuk bubuk ataupun biji utuh. Sesungguhnya selain untuk meningkatkan rasa masakan, lada hitam juga memiliki manfaat kesehatan.

Dikutip dari Medical Daily, lada hitam kaya akan vitamin, mineral, menjadi stimulus indera pengecap hingga membawa efek positif lain bagi tubuh Anda.

Lada hitam bisa meningkatkan metabolisme, kesehatan fisik juga psikologis. Karena itu tak heran jika ada yang menyebut bumbu rempah ini sebagai raja rempah.

1. Pengobatan Ayurveda

Lada hitam rupanya digunakan dalam pengobatan ayurveda lantaran manfaat kesehatannya. Ayurveda merupakan pengobatan tradisional, penyembuhan holistik tertua dari India yang mengedepankan konsep keseimbangan.

Dikombinasikan dengan minyak jarak atau ghee (mentega murni India), lada hitam digunakan untuk merangsang nafsu makan, membantu pernapasan dan sebagai terapi batuk.

2. Meringankan Sakit Otot

Anda bisa mencampurkan minyak lada hitam dengan minyak bunga rosemary untuk membuat racikan yang menenangkan. Campuran minyak beraroma yang dipanaskan ini mampu mengendurkan otot-tot yang tegang dan meringankan rasa sakit.

3. Meredakan Sakit Gigi

Campurkan dua sendok teh lada dengan air panas. Biarkan campuran ini dingin lalu kumur untuk mengurangi rasa sakit.

Atau Anda juga bisa mencoba menggosokkan sedikit lada hitam di daerah gigi yang sakit untuk meredakan nyeri

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.