China Kembangkan Komputer Canggih Mirip Kecerdasan Otak

Foto yang diambil pada 1 September 2020 menunjukkan komputer dengan kecerdasan seperti otak mampu
Foto yang diambil pada 1 September 2020 menunjukkan komputer dengan kecerdasan seperti otak mampu "mengetik pikiran" di sebuah laboratorium di Provinsi Zhejiang, China timur. (Foto: Xinhua) Foto yang diambil pada 1 September 2020 menunjukkan komputer dengan kecerdasan seperti otak mampu "mengetik pikiran" di sebuah laboratorium di Provinsi Zhejiang, China timur. (Foto: Xinhua)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

HANGZHOU, SURYAKEPRI.COM – China sedang mengembangkan komputer canggih dengan kecerdasan seperti otak dengan leih dari 100 juta neuron.

Ini yang pertama dari jenisnya di China, telah dikembangkan oleh para peneliti di Provinsi Zhejiang, China timur.

Komputer bernama Darwin Mouse itu dikembangkan  bersama oleh Universitas Zhejiang dan Lab Zhejiang pada Selasa, 1 September 2020. 

“Perangkat berteknologi tinggi ini berisi 792 chip Darwin mirip otak generasi kedua yang dikembangkan oleh Universitas Zhejiang,” kata Zhu Shiqiang, direktur Lab Zhejiang.

Ini mendukung 120 juta neuron spiking dan hampir 100 miliar sinapsis, yang setara dengan jumlah neuron pada otak tikus. Konsumsi daya rata-rata komputer hanya 350-500 watt.

BACA JUGA: 



“Sama seperti blok bangunan, kami mengintegrasikan 792 chip komputasi mirip otak ke dalam tiga sasis server standar untuk membentuk komputer mirip otak yang terpasang di rak,” kata Pan Gang, pemimpin tim peneliti, dari College of Computer Science and Technology, Universitas Zhejiang.

  Komputer dengan kecerdasan seperti otak ini memungkinkan kolaborasi robot dalam simulasi operasi pemadaman dan penyelamatan korban banjir di sebuah laboratorium di Provinsi Zhejiang, China timur. (Foto: Xinhua)

Komputer dengan kecerdasan seperti otak ini memungkinkan kolaborasi robot dalam simulasi operasi pemadaman dan penyelamatan korban banjir di sebuah laboratorium di Provinsi Zhejiang, China timur. (Foto: Xinhua)


Sementara itu, tim juga mengembangkan sistem operasi yang dirancang khusus untuk komputer mirip otak, bernama Darwin OS, yang menyadari pengelolaan dan penjadwalan sumber daya perangkat keras yang efektif serta mendukung operasi dan aplikasi komputer mirip otak.

Mekanisme Operasi Jaringan Saraf

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.