Friday, June 21, 2024
HomeLainnyaNasionalKemendagri Desak KPU-Bawaslu RI Agar Paslon Pelanggar Protokol Kesehatan Ditindak

Kemendagri Desak KPU-Bawaslu RI Agar Paslon Pelanggar Protokol Kesehatan Ditindak

spot_img

“Mohon kepada pimpinan parpol untuk mengingatkan paslonnya. Begitu pula dengan bapaslon perserorangan,” ujarnya.

Baca:Ramalan Shio yang Mendapat Hoki, Termasuk Ayam Pekerjaan Tepat Sasaran

Bahtiar juga meminta media dan masyarakat khususnya pemilih pada 270 daerah yang melangsungkan Pilkada Serentak, agar lebih kritis kepada paslon yang tak menghiraukan protokol kesehatan.

“Keselamatan warga negara di atas segalanya. Mari kita bersatu dan saling mengingatkan pentingnya kepatuhan menjalankan protokol kesehatan, dalam Pilkada Serentak 2020,” tutupnya.

Hal serupa juga berulang kali disampaikan oleh Mendagri Tito Carnavian dalam berbagai kesempatan. Mendagri mendesak agar pelanggar diberikan tindakan tegas.

Mendagri tak ingin pelaksanaan Pilkada menjadi sumber penyebaran covid-19 di masyarakat.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyampaikan tentang laporan hasil sementara pengawasan dalam tahapan pendaftaran Pilkada serentak 2020.

Berdasarkan catatannya, hingga Sabtu (5/9) terdapat sebanyak 141 bakal pasangan calon (Bapaslon) yang melanggar protokol kesehatan Covid-19.

Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar menyampaikan bahwa data yang diterima pada proses pendaftaran Pilkada 2020 hari Jumat 4 September, sebanyak 315 Bapaslon yang mendaftar di 212 Kabupaten/Kota dan 2 provinsi.

“Dari 315 bapaslon tersebut yang melanggar ada sekitar 141 yang melanggar kesehatan, yang membawa arak-arakan,” kata Fritz saat dihubungi iNews.id, Sabtu (5/9).

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER