Sirkulasi Ganda, Pola Baru Pembangunan Ekonomi China yang Terus Dorong FTZ

Kawasan Free Trade Zone (FTZ) di Lingang Shanghai, China. (Foto: China Briefing)
Kawasan Free Trade Zone (FTZ) di Lingang Shanghai, China. (Foto: China Briefing)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BEIJING, SURYAKEPRI.COM – Pemerintah China menerapkan pola baru pembangunan ekonomi yang disebut  “dual circulation” atau sirkulasi ganda pada Mei 2020. Apa artinya?

Sejak Sirkulasi Ganda diterapkan, pasar dipenuhi dengan interpretasi tentang bagaimana model akan bekerja dan efek langsungnya terhadap pandemi yang memukul ekonomi global.

Didefinisikan sebagai kebijakan yang “menjadikan pasar domestik sebagai andalan sambil membiarkan pasar internal dan eksternal saling menguatkan.”

Model tersebut telah dipandang oleh para analis sebagai solusi yang layak bagi China untuk membangun ketahanan terhadap guncangan eksternal dan berbagi peluang dengan seluruh dunia untuk pembangunan.

BACA JUGA:

Hua Changchun, ekonom Guotai Junan Securities, mengatakan, pasar internal China yang terus berkembang adalah “aset strategis” dan telah menjadi “sumber kepercayaan dan kekuatan negara dalam mengejar level pembukaan yang lebih tinggi.”

Penyeimbangan Kembali Sedang Berlangsung 

Meskipun frasa tersebut mungkin terdengar baru, pesan yang mendasarinya untuk menyeimbangkan kembali ekonomi yang didorong oleh ekspor dan investasi ke arah yang lebih fokus pada permintaan domestik, sebagian besar merupakan kelanjutan dari tujuan yang dinyatakan pemerintah lebih dari satu dekade lalu.

Sejak krisis keuangan global 2008, otoritas China telah mengedepankan strategi termasuk memperluas permintaan domestik dan reformasi struktural sisi penawaran, menyiratkan pergeseran bertahap ke arah sirkulasi internal yang telah lama berlangsung, kata Liu Yuanchun, wakil presiden Universitas Renmin China.

Data resmi menunjukkan belanja konsumen China berkontribusi 57,8 persen terhadap pertumbuhan PDB tahun lalu, dibandingkan dengan rasio 35,3 persen pada tahun 2008.

Pada tahun 2019, PDB per kapita China melebihi 10.000 dollar AS untuk pertama kalinya dalam sejarah, menjadikan penekanan pada pasar domestik sebagai pilihan yang wajar karena skala konsumen yang sangat besar di negara itu dan peningkatan kapasitas pasokan memerlukan peluang besar di dalam negeri.

Kompleksitas saat ini dalam lingkungan ekonomi internasional memaksa China untuk lebih fokus pada pasar internal, kata Liu.

Karena Covid-19 belum sepenuhnya dikendalikan di tingkat global, ekonomi dunia kemungkinan akan tetap lesu. Pemulihan perdagangan internasional dan risiko investasi semakin terbebani oleh tantangan globalisasi.

Dengan latar belakang seperti itu, kerja sama dibutuhkan lebih dari sebelumnya. Pimpinan Tiongkok dalam banyak kesempatan menekankan bahwa “sirkulasi ganda” sama sekali bukan lingkaran domestik yang tertutup dan menegaskan kembali bahwa keterbukaan adalah kebijakan nasional yang fundamental.

“Sirkulasi domestik dan sirkulasi internasional harus saling melengkapi dan memperkuat satu sama,” kata Liu.

Efek Spill-Over  

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.