Langkah Tangani Alergi Susu Sapi pada Si Kecil

Bayi terkadang menolak minum susu menggunakan botol dot.(Motherandbaby)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Bunda tentu bingung jika setelah melahirkan dan pada fase menyusui ternyata tak bisa memberi ASI ekslusif pada si kecil. Masalah lain setrlah itu juga bisa saja timbul, misalnya dia mengalami alergi susu sapi.

Sederhananya adalah Bunda harus mengganti susu sapi dengan produk susu yang sudah terhidrolisa.

“Jadi dipecah proteinnya. Itu namanya susu hypoallergenic. Apabila masih saja alergi, dipecah lagi proteinnya menjadi asam amino. Itu yang langsung serap,” kata Dokter dr. Lusia Nauli Tampubolon, SpA, dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Permata Cibubur Jakarta di chanel Gue Sehat, seperti dikutip dari Akurat.co.

Lalu bagaimana jika bayi yang sebenarnya mengonsumsi ASI tapi mengalami alergi karena produk susu sapi? Dokter Lusia menyarankan agar Bunda harus melakukan program diet untuk produk susu sapi dan turunannya.

“Misalnya keju, susu, roti, itu harus diet,” sambungnya. Namun, kejadian alergi susu sapi menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), tidak besar, hanya 5 – 7,5 persen saja,” jelasnya.

Untuk memilih susu formula yang tepat, Dokter Lusia menjelaskan bahwa jika orangtua yang memiliki alergi susu sapi, sebaiknya kepada anak diberikan susu yang hypoalergenic. Tapi jika mau yang paling akurat ya tentu ASI ekslusif.

“Karena kita dapat mengetahui jika dalam 6 bulan itu ibunya memberikan ADI ekslusif, saat ibunya makan apa,anaknya ada reaksi merah-merah apa tidak, misalnya saat makan ikan laut dalam atau produk susu sapi, ada reaksi atau tidak,” jelas Dokter Lusia.(*)

Editor: Ucu Rahman

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.