Cabup Bintan Alias Wello Ziarah ke Makam Daeng Celak Usai Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Tanjungpinang

Alias Wello saat ziarah ke makam Daeng Celak di Tanjungpinang (Suryakepri.com/ist)
Alias Wello saat ziarah ke makam Daeng Celak di Tanjungpinang (Suryakepri.com/ist)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM – Bakal Calon Bupati Bintan Alias Wello (AWe) menyempatkan diri melakukan ziarah ke makam leluhurnya Daeng Marewah dan Daeng Celak di Hulu Riau, Tanjungpinang, Selasa (15/9/2020).

Daeng Marewah dan Daeng Celak adalah dua orang adik beradik berdarah Bugis yang pernah mengharumkan nama Kesultanan Riau – Lingga – Johor dan Pahang atas keberaniannya mengusir penjajah dari bumi Melayu ini.

Daeng Marewah yang bergelar Kelana Jaya Putera itu, pernah menjabat Yang Dipertuan Muda Riau I 1721 – 1728. Selanjutnya, urusan pemerintahan dilanjutkan oleh adiknya Daeng Celak Yang Dipertuan Muda Riau II 1728 – 1745.

Kegiatan yang disebutnya sebagai perjalanan rohani itu, dilakukan Alias Wello usai menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Raja Ahmad Tabib (RAT) Tanjungpinang.

Pria yang akrab disapa AWe itu, didampingi sejumlah pengurus Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan.

Daeng Celak menikah dengan bangsawan Melayu, Tengku Mandak dan memiliki dua orang anak, yakni Raja Haji Fisabilillah, Pahlawan Nasional dan Raja Lumu (Sultan Salehuddin Shah), yang kemudian menjadi Sultan Selangor I (Malaysia).

“Mereka yang dimakamkan di sini, yang sepanjang hayatnya telah mendarmabaktikan hidupnya untuk kita semua,” kata AWe dalam keterangan tertulisnya diterima, Suryakepri.com.

.BACA : Kasat Narkoba: Ajak Warga Tanjungpinang Pakai Masker dan Jauhi Narkoba

.BACA : Operasi Yustisi Digelar, Aparat Gabungan Akan Disiplinkan Masyarakat di Kota Tanjungpinang

.BACA : Kebun Jagung di Mako Polres Bintan Panen Perdana Ratusan Kilogram, Kapolres: Kita Mendukung Ketahanan Pangan

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.