China Sambut Kunjungan Diplomat AS ke Taiwan dengan Serbuan Pesawat Tempur

Dua pesawat anti-kapal selam China Y-8 menerobos zona identifikasi pertahanan udara Taiwan pada hari Rabu (16/9/2020) sebelum kedatangan Wakil Menlu AS Keith Krach ke negara pulau itu. (Foto: handout via SCMP)
Dua pesawat anti-kapal selam China Y-8 menerobos zona identifikasi pertahanan udara Taiwan pada hari Rabu (16/9/2020) sebelum kedatangan Wakil Menlu AS Keith Krach ke negara pulau itu. (Foto: handout via SCMP)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TAIPEI, SURYAKEPRI.COM – China menyambut kunjungan diplomat AS ke Taiwan dengan serbuan pesawat tempur.

Dua pesawat tempur China diperingatkan setelah memasuki zona pertahanan udara Taiwan sebelum kedatangan Wakil Menteri Luar Negeri AS Keith Krach.

Kedatangan Krach ke Taipei diperkirakan akan membahas langkah menuju perjanjian perdagangan bilateral.

Dua pesawat tempur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mendekati Taiwan dalam serangan lain yang menandakan permusuhan China yang meningkat terhadap negara pulau yang otonom itu, menjelang kedatangan seorang diplomat senior AS.

BACA JUGA:

Pesawat anti-kapal selam PLA Y-8 menerobos sisi barat daya zona identifikasi pertahanan udara (AIDZ) pulau Taiwan pada Rabu malam dan diperingatkan oleh angkatan udara Taiwan, kata kementerian pertahanan Taiwan, Kamis (17/9/2020).

Sejumlah pesawat tempur PLA berseliweran di barat daya Taiwan sejak Rabu dalam apa yang digambarkan oleh Presiden Taiwan Tsai Ing-wen sebagai provokasi serius yang akan meningkatkan ketegangan lintas selat dan mempengaruhi perdamaian dan stabilitas regional.

Waktu serangan terbaru – menjelang kunjungan yang direncanakan oleh wakil menteri luar negeri AS Keith Krach – dimaksudkan sebagai peringatan bagi AS dan Taiwan, kata pengamat.

Krach, yang diperkirakan akan tiba di Taipei pada Kamis sore, akan menjadi pejabat Departemen Luar Negeri paling senior yang mengunjungi Taiwan.

Dia dijadwalkan bertemu Tsai dan memberi penghormatan kepada mendiang presiden Lee Teng-hui.

Krach juga akan mengambil bagian dalam dialog ekonomi dengan para pejabat Taiwan yang diharapkan dapat membuka jalan bagi perjanjian perdagangan kedua negara.

Kementerian luar negeri Taiwan mengatakan Krach, didampingi oleh asisten sekretaris Robert Destro, juga akan membahas “bagaimana memperkuat kerja sama ekonomi bilateral” selama kunjungan tiga harinya.

Beijing telah memperingatkan AS agar tidak mengirim Krach ke pulau itu. Pada hari Senin, juru bicara kementerian luar negeri China Wang Wenbin mendesak AS untuk “menghentikan semua bentuk kerjasama resmi dengan Taiwan” untuk menghindari kerusakan serius pada hubungan China-AS dan perdamaian serta stabilitas di seluruh Selat Taiwan.

Kunjungan Krach menyusul perjalanan terkenal di bulan Agustus oleh Menteri Kesehatan AS Alex Azar, yang merupakan pejabat Kabinet AS tingkat tertinggi yang mengunjungi pulau itu sejak 1979.

Beijing juga menerbangkan jet tempur menuju Taiwan sebelum kedatangan Azar.(*)

BERITA TERKAIT:
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.