Amerika Blokir WeChat dan TikTok Mulai Senin Dinihari

Editor: Eddy Mesakh

Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Amerika Serikat di bawah Presiden Donald Trump melarang WeChat dan TikTok dari toko aplikasi mulai hari Minggu dan sejak Senin (20/9/2020) dinihari tidak bisa lagi diunduh.

Perintah yang melarang aplikasi belum pernah terjadi sebelumnya di AS yang akan secara tajam meningkatkan ketegangan dengan Beijing.

Gedung Putih akan mengambil tindakan lain untuk mengekang penggunaan WeChat mulai Minggu, dan akan memberi TikTok hingga 12 November hingga pembatasan lebih lanjut diberlakukan.

Perusahaan dan bankir Barat masih berselisih dengan pemilik TikTok, Gedung Putih, dan otoritas China untuk mencoba mengatur penjualan beberapa bisnis TikTok. TikTok telah menikmati pertumbuhan eksplosif di Amerika Serikat, di mana jumlah penggunanya mencapai puluhan juta.

“Tindakan hari ini sekali lagi membuktikan bahwa Presiden Trump akan melakukan segala daya untuk menjamin keamanan nasional kami dan melindungi Amerika dari ancaman Partai Komunis China,” kata Sekretaris Departemen Perdagangan AS Wilbur Ross dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat.

“Atas arahan Presiden, kami telah mengambil tindakan signifikan untuk memerangi pengumpulan data pribadi warga Amerika yang berbahaya di China, sambil mempromosikan nilai-nilai nasional kami, norma berbasis aturan yang demokratis, dan penegakan hukum dan peraturan AS yang agresif.”

BACA JUGA: 

Setelah tengah malam saat hari Minggu bergeser menjadi Senin, siapa pun yang mencoba mengunduh TikTok atau WeChat dari toko aplikasi Apple atau Google di AS tidak dapat melakukannya, kata seorang pejabat senior Perdagangan pada hari Jumat, meminta anonimitas untuk membahas pertimbangan sensitif.

Dan siapa pun yang sudah memiliki aplikasi di telepon selulernya tidak akan menerima pembaruan perangkat lunak atau tambalan keamanan, kata pejabat itu.

Kata pejabat itu, beberapa pengguna akan menemukan cara untuk terus menggunakan aplikasi tersebut, tetapi pemerintah tidak bermaksud untuk menuntut siapa pun untuk itu. Tujuannya adalah untuk mengurangi penggunaan aplikasi WeChat dan TikTok dari waktu ke waktu.

“Kami tidak akan menarik seseorang ke hadapan hakim federal karena menggunakan WeChat untuk berkomunikasi dengan orang di luar negeri,” kata pejabat itu.

Pada hari Minggu, AS juga akan melarang penyediaan layanan yang memungkinkan WeChat digunakan untuk transfer uang atau pembayaran seluler. Tindakan itu kemungkinan akan memengaruhi bank dan lembaga keuangan lain yang memfasilitasi pembayaran.

Dan mulai hari Minggu untuk WeChat, dan 12 November untuk TikTok, AS akan melarang penyediaan layanan hosting internet, atau layanan jaringan lainnya, yang memungkinkan aplikasi berfungsi di AS.

Dan itu akan melarang penggunaan AS atas kode komputer yang berbeda atau fungsi yang mendukung kedua aplikasi, untuk mencegah perusahaan China memperkenalkan kembali aplikasi dengan nama yang berbeda, kata seorang pejabat senior Perdagangan hari Jumat, meminta anonimitas untuk membahas pertimbangan sensitif.

“Presiden memberikan waktu hingga 12 November agar masalah keamanan nasional yang ditimbulkan TikTok bisa diselesaikan. Jika ya, larangan dalam urutan ini dapat dicabut,” kata Commerce dalam pernyataannya.

TikTok Menolak 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.