Thursday, June 13, 2024
HomeTips9 Amalan Bulan Muharram yang Pahalanya Mengalir Kencang

9 Amalan Bulan Muharram yang Pahalanya Mengalir Kencang

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Bulan Muharram dikenal sebagai salah satu bulan yang mulia di dalam tradisi agama Islam. Masyarakat Islam biasa melakukan puasa sunah pada tanggal 9 dan 10 Muharram pada bulan itu agar diberikan pahala berlimpah.

Selain puasa Muharram, ada banyak amalan Muharram yang patut diamalkan agar diberikan manfaat baik di dunia maupun di akhirat. Amalan-amalan di bawah ini akan memberikan manfaat bagi siapapun yang melakukannya, manfaat yang tidak akan sia-sia bagi kehidupannya.

Berikut amalan-amalan Muharram tersebut:

1. Puasa Sunah

Sebagaimana di atas disebutkan, puasa sunah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Muharram. Amalan ini sudah masyhur dilakukan oleh kaum Muslimin.

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa berpuasa dihari Asyura (10 Muharram), maka pahalanya 10.000 kali haji dan umroh dan seperti 10.000 mati Sahid”. Rasulullah SAW juga bersabda: “Barang siapa memberi makan kepada orang yang berpuasa dihari Asyura (10 Muharram), maka pahalanya seperti memberi makan sejumlah umatnya Nabi Muhammad SAW.”

2. Salat 4 rakaat

Amalan sunah yang bermanfaat dunia akhirat adalah salat 4 rakaat. Salat 4 rekaat dilakukan pada malam tanggal 10 Muharram yakni tanggal 9 malam dengan ketentuan setiap rekaat membacakan surah Al-Fatihah sebanyak satu kali dan juga surah Al-Ikhlas sebanyak 51 kali.

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa shalat 4 rekaat dihari Asyura (10 Muharram) setiap rekaat membaca Al-Fatihah 1 x dan Al-Ikhlas 51 x, Maka Allah akan memberikan ampun dosa-dosanya selama 50 tahun.

3. Memberikan harta untuk keluarga dan istri

Amalan menakjubkan di bulan Muharram adalah memberikan harta kepada keluarga dan istri. Meskipun misalnya sudah terbiasa memberikan, akan tetapi saat datang bulan Muharram amalan ini amat dianjurkan.

Rasulullah SAW bersabda: “Dan berikan kelonggaran harta kepada Keluargamu di hari Asyura, sebab orang yang memberikan kelonggaran harta kepada Istri dan Keluarganya di hari Asyura, maka Allah akan melonggarkan rizkinya orang tersebut setiap tahun.”

4. Sedekah

Amalan yang bermanfaat dunia akhirat di bulan ini adalah memberikan sedekah. Sedekah di bulan jni memiliki pahala yang lebih besar dibanding di bulan-bulan lainnya.

Bershodaqoh pada tanggal 10 Muharram atau hari Asyura juga sangat dianjurkan seperti sabda dari Rasulullah SAW: “Barang siapa bershodaqoh dihari Asyura, maka dirinya tersebut seakan-akan belum pernah menolak terhadap orang yang meminta-minta”.

baca juga: Pemain Terbaik UEFA Tahun Ini 2020: De Bruyne, Lewandowski, dan Neuer Finalis. Messi dan Ronaldo …

baca juga: Ramalan Shio Besok Kamis 24 September 2020, Shio Naga Dapat Diandalkan

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER