Sunday, June 23, 2024
HomeLainnyaNasionalJaksa Pinangki Didakwa Terima Uang dari Pengusaha Djoko Tjandra

Jaksa Pinangki Didakwa Terima Uang dari Pengusaha Djoko Tjandra

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Jaksa Pinangki Sirna Malasari didakwa menerima uang sebesar US$500 ribu dari pengusaha Djoko Tjandra terkait pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA). Dari jumlah itu, sebesar US$50 ribu diberikan ke pengacara Djoko, Anita Kolopaking.

Pinangki diduga menukarkan dan membelanjakan penerimaan tersebut untuk keperluan pribadi guna menyamarkan asal usul uang tersebut.

Dalam surat dakwaan, Pinangki yang merupakan mantan Kepala Sub Bagian Pemantauan dan Evaluasi II Biro Perencanaan Kejaksaan Agung menggunakan uang untuk perawatan kecantikan di Amerika Serikat (AS).

Jaksa penuntut umum menyebut pada 16 Desember 2019, Pinangki mengirim sejumlah uang melalui BCA kepada dr. Adam R.Kohler M.D.P.C sebesar Rp419,4 juta.

“Untuk transaksi pembayaran dokter kecantikan di Amerika Serikat yang bernama Dokter Adam R. Kohler M.D.P.C sebesar Rp419.430.000,” ujar Jaksa saat membacakan surat dakwaan, Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (23/9).

Pinangki juga membelanjakan uang untuk pembayaran dokter home care atas nama dr. Olivia sebesar Rp176.880.000. Perawatan kesehatan dan kecantikan termasuk untuk pembelian rapid test biosensor, serta suntik vitamin, dan resep.

“Total pembayaran sebesar Rp176.880.000,” ujar jaksa.

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER