Friday, June 14, 2024
HomeLainnyaNasionalRevisi PKPU Pilkada: Kampanye Maksimal 30 Orang, Konser Dilarang

Revisi PKPU Pilkada: Kampanye Maksimal 30 Orang, Konser Dilarang

spot_img

SURYAKEPRI.CO – Pembahasan Revisi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 tahun 2020 tentang Pilkada akhirnya tuntas. Hanya dua hari sejak disampaikan ke Komisi II, PKPU yang mengatur pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota itu selesai digodok.

Pelaksana Harian (Plh) Ketua KPU Ilham Saputra mengatakan, tadi malam (Selasa malam 22/9/2020), KPU bersama Komisi II, Kemendagri, KemenkumHAM, telah membahas secara maraton pasal-pasal yang direvisi dalam PKPU. Pembahasan bersama dilakukan secara daring.

Sebelumnya diberitakan, dua hari lalu, Senin (21/9/2020) Mendagri Tito Karnavian saat rapat kerja bersama Komisi II meminta persetujuan Komisi II untuk mempercepat pembahasan revisi PKPU itu. Saat itu, Mantan Kapolri itu menargetkan revisi PKPU nomor 10 tahun 2020 itu tuntas pada Kamis (24/9/2020). Sebab, pada Sabtu (20/9/2020) Pilkada 2020 memasuki tahapan kampanye.

“Kami sudah bahas dan akan segera diundangkan (resmi menjadi PKPU hasil revisi),” kata Ilham.

Saat diminta kepastian waktu penerbitan PKPU hasil revisi itu, Ilham menegaskan bahwa PKPU hasil revisi itu sudah resmi dan mulai berlaku hari ini. Dengan dasar PKPU itu, segala bentuk pelanggaran protokol kesehatan pada masa kampanye bisa ditindak tegas dan pasangan calon bisa dihukum.

“Ya, harus hari ini sudah bisa digunakan,” katanya.

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER