Saturday, June 15, 2024
HomeBatamBaru Menjabat Pjs Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum Langsung Minta Penanganan Covid...

Baru Menjabat Pjs Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum Langsung Minta Penanganan Covid Kluster Industri Dipercepat

spot_img

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Pejabat Sementara (Pjs) Walikota Batam, Syamsul Bahrum menggesa Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Batam mempercepat penanganan dalam mencegah bertumbuhnya pasien Covid-19, terutama dari cluster sektor industri saat ini.

Adapun percepatan yang perlu dilakukan oleh Tim Satgas saat ini, diakuinya lebih kepada cepatnya pengumuman hasil Swab Test, terhadap warga yang baru saja melalui tahapan Rapid Test.

Menurutnya, percepatan yang dimaksudkan ini diperlukan agar para Tenaga Kesehatan dapat segera melakukan tracing bagi close contact calon pasien positif yang baru saja menjalani Swab Test.

“Karena kalau sekarang, Rapid dengan hasil reaktif lalu di Swab, hasilnya baru keluar 3-4 hari. Saya tadi kumpulkan OPD terkait, agar hasil Swab bagi warga yang reaktif langsung keluar dalam sehari saja,” tegasnya saat ditemui di Pemko Batam, Rabu (30/9/2020).

.BACA : Bimbar Batam Kembali “Nyelonong”, Tabrak Emak-Emak Pulang dari Pasar dan Tiang Listrik di Nagoya

.BACA : Ps Kanitbintibmas Satbinmas Polresta Barelang Naik Pangkat Pengabdian, Ini Pesan Kapolresta Jelang Pilkada 2020

.BACA : Warga Bengkong Indah Bawah, Minta Legalitas Tanah, Lukita: Legalitas Tanah Menjadi Prioritas Saya Kedepan

Tidak hanya itu, dengan mempercepat hasil Swab, maka hal ini juga semakin memperkecil potensi penyebaran virus Covid-19 di lingkungan lokasi karantina sementara sang pasien.

Langkah ini, menurutnya akan efektif dilakukan apabila ada kerjasama antara Pemko Batam melakui Dinas Kesehatan, BTPKLPP Kelas I Batam, dan Rumah Sakit.

“Efeketifnya saya akan tanya dulu ke Dinas Kesehatan, Badan strategi yang menangani itu, dan Rumah Sakit yang dilihat kompetensinya, dan juga kondisi sekarang ini,” paparnya.

Saat ditanyakan mengenai ketersediaan alat, Syamsul menuturkan bahwa dalam pertemuan lanjutan pihaknya akan berfokus membahas mengenai hal tersebut.

“Kita lihat dulu ketersediaan di Kota, apabila tidak cukup kita akan minta ke Provinsi dan Pusat. Serta kolaborasi dengan pihak swasta,” jelasnya.(*)

Penulis : Fernando

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER