LSM SRK Surati Bawaslu Kota Batam, Persoalkan Rotasi Kadisdukcapil di Masa Larangan Petahana Lakukan Penggantian Pejabat

Pelantikan Kadisduk Kota Batam yang baru oleh Wali Kota Batam, M Rudi.(suryakepri.com/ist)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) DPP Suara Rakyat Keadilan (SRK) mengirimkan surat laporan ke Bawaslu Kota Batam terkait mutasi dua kepala dinas oleh Wali Kota Batam petahana M Rudi dan Wakil Wali Kota Amsakar Achmad.

Surat resmi yang ditujukan ke Bawaslu dan ditembuskan ke Mendagri, Men-PAN RB, DKPP RI, KPU RI, Bawaslu RI, Ombudsman RI dan Gakkumdu Kota Batam itu ditandatangani di Batam pada 7 Oktober.

Ketua Umum DPP SRK, Ahmad Rosano pada Minggu (11/10) mengungkapkan, surat itu dikirimkan ke Bawaslu karena pihaknya menduga adanya tindak pelanggaran terkait tindakan rotasi pejabat tinggi pratama di lingkungan Pemko Batam, karena dilakukan pada “masa larangan penggantian pejabat jelang Pilkada” sebagaimana aturan perundang-undangan yang ada.

Baca:Spanduk dan Baliho Ilegal Menjamur, Bawaslu Batam Tertibkan 1.425 APK Ilegal

Baca:Kapal Pengangkut Ribuan Karung Biji Plastik Diamankan Aparat di Pelantar 2 Tanjungpinang

Baca:Ketua SRK Laporkan Sejumlah Dugaan Korupsi di Batam ke KPK, Ada 8 Poin Pengaduan

Dalam rotasi dua kepala Dinas itu, disebutkan Kadispora Kota Batam Heriyanto bertukar pos jabatan dengan Said Khaidar yang merupakan Kepala Disdukcapil Kota Batam.

Rosano mengungkapkan, pengusulan penggantian jabatan memang telah disetujui oleh Mendagri melalui surat dari Plt Gubernur Kepri No 821/4089/SJ tanggal 16 Juli 2020.

Dalam hal ini rotasi dibenarkan jika untuk mengisi kekosongan jabatan.

Namun dalam kenyataannya, mutasi pejabat ini bukan untuk mengisi kekosongan, namun “rukir tempat” yang dinilai tidak ada urgensinya.

Surat dari SRK ke Bawaslu Kota BAtam.(ist)

Pelantikan Kadisduk baru itu sendiri dilakukan Rudi pada Kamis 23 Juli 2020. Sementara itu jadwal Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 9 Desember.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.