LSM SRK Surati Bawaslu Kota Batam, Persoalkan Rotasi Kadisdukcapil di Masa Larangan Petahana Lakukan Penggantian Pejabat

Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Sebelumnya, pihak Bawaslu RI juga telah mengeluarkan surat edaran, bahwa larangan penggantian pejabat itu tertuang dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 71 Ayat 2 yang berbunyi Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari menteri.

Bawaslu RI juga mengingatkan adanya sanksi bila kepala daerah petahana melanggar ketentuan mutasi pejabat berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota atau biasa disebut UU Pilkada.

Baca:Ular Piton bak Monster Ditangkap pada Tengah Malam, Pawang Dapat Bonus Besar

Sesuai Pasal 71 Ayat 5, bila melanggar bisa mendapatkan pembatalan atau diskualifikasi sebagai calon oleh KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota.

Selain itu, ada pula ancaman pidana penjara paling lama enam bulan dan denda paling banyak Rp6 juta berdasarkan Pasal 190.

Dari fakta itu, SRK menilai telah terjadi pelanggaran UU No 10 Tahun 2016 Tentang Pilkada sebagaimana termaktub dalam pasal 71 ayat 1,2 dan 3.

Dengan sejumlah penjabaran atas UU hingga Surat Edaran Mendagri No 273/487/SJ III, 5a,b pada 21 Januari 2020, maka SRK menilai, bahwa keputusan merotasi pejabat tinggi itu bukan karena faktor kekosongan jabatan.

“Melainkan kami menduga ada upaya sistematis melantik sdr Heriyanto untuk kepentingan data kependudukan yang sangat strategis dimanfaatkan dalam pilkada,” ungkap Rosano.

Dengan alasan itu, SRK meminta dengan tegas kepada Bawaslu Kota Batam secara officially untuk memberikan jawaban dan argumentasi mengenai lolosnya petahana Rudi-Amsakar.

“Ini sebagai tanggung jawab moral dan menjadikan hukum sebagai panglima dalam kehidupan bernegara di Indonesia,” tegas Rosano.(pwk)

Baca:Wali Kota Batam Rudi Ganti Kadisduk Baru Jelang Pilkada Jadi Perhatian, Ini Surat dari Mendagri

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.