Monday, July 15, 2024
HomeMixedNewsBakamla Tak Pernah Lengah Kawal Perairan Natuna Utara, Ini Armada yang Siap...

Bakamla Tak Pernah Lengah Kawal Perairan Natuna Utara, Ini Armada yang Siap Menggebuk

spot_img

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI tak mengendorkan giat patroli di perairan Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau, untuk menunjukkan kehadiran Indonesia.

Ada dua kapal dan satu pesawat pengamat maritim yang berpatroli bersama dengan tim dari TNI Angkatan Laut (AL) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Kita tetap gelar kapal patroli untuk menunjukkan kehadiran,” ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Bakamla RI, Kolonel Wisnu Pramandita, lewat pesan singkat, Kamis (15/10) sebagaimana dilansir Antara.

Baca:Ramalan Zodiak Karier yang Sukses Lusa, Sabtu 17 Oktober 2020, Gemini Pintu-pintu Rezeki Terbuka Lebar

Baca:Ramalan Zodiak Karier yang Sukses Besok, Jumat 16 Oktober 2020, Leo Mulailah Melakukan

Baca:Cagub HM Soerya Silaturahmi dengan Marga-marga Batak: Kerukunan dalam Kemajemukan Jadi Prioritas SInergi Kepri

Wisnu menjelaskan, terdapat dua kapal Bakamla yang berpatroli di lokasi tersebut. Ditambah lagi dengan satu pesawat pengamat maritim beserta tim dari TNI AL dan KKP.

Patroli itu rencananya akan dilakukan hingga akhir tahun sesuai dengan ketersediaan anggaran yang ada.

“Saat ini, itu yang dapat dilakukan mengingat kita tidak ada klaim dan tidak terlibat dalam ketegangan kedua negara (di Laut China Selatan),” ujar Wisnu.

Sebelumnya, Juru Bicara Menteri Pertahanan (Menhan), Dahnil Anzar Simanjuntak, menerangkan, doktrin politik luar negeri Indonesia adalah bebas aktif dalam menyikapi panasnya Laut China Selatan (LCS).

Karena itu, Indonesia tidak akan terlibat dalam pakta pertahanan manapun.

“Politik luar negeri kita kan bebas aktif. Dan sejarah doktrin pertahanan luar negeri kita juga adalah tidak terlibat dalam pakta pertahanan manapun”.

“Indonesia itu tidak pernah ikut aliansi militer negara manapun,” ujar Dahnil dalam siaran langsung di media sosial yang diakses Selasa (15/9).

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER