Cedera ACL, Virgil van Dijk Akan Absen Lama, Liverpool Bisa Hancur Musim Ini

Penulis: Eddy Mesakh

Seperti ini kondisi lutut yang mengalami cedera ACL. (Foto: .emc.id)
Seperti ini kondisi lutut yang mengalami cedera ACL. (Foto: .emc.id)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM –  Tekel brutal kiper Everton Jordan Pickford mengakibatkan bek Liverpool Virgil van Dijk mengalami cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) pada lutut kanannya. Itu adalah robekan pada ligamen anterior lutut.

Virgil van Dijk mengalami cedera ACL tersebut akibat “digunting” oleh Jordan Pickford dengan kedua kakinya dalam derby Merseyside di Goodison Park, Sabtu (17/10/2020). Laga ini berakhir imbang 2-2.
Membutuhkan waktu paling cepat tujuh bulan untuk sembuh dari cedera semacam ini. Artinya, Virgil van Dijk kemungkinan besar akan absen sepanjang musim 2020/21. Liga Premier Inggris 2020/21 akan berakhir pada bulan Mei 2021, itu tujuh bulan dari sekarang.
Oleh karena itu, Peter Smith dari Sky Sports menilai Liverpool bisa hancur musim ini, mengingat pentingnya Van Dijk bagi skuad Jurgen Klopp.

Bek asal Belanda itu bermain pada 95 dari 96 pertandingan Liverpool di Liga Premier sejak debut pada Januari 2018. Dia bermain setiap menit di liga musim lalu, yang menunjukkan pentingnya peran pemain ini dalam membantu The Reds merengkuh gelar Liga Premier setelah menunggu selama 30 tahun.    

Pelanggaran Jordan Pickford terhadap Virgil van Dijk yang luput dari penilaian VAR. (Foto dari Sky Sports)
Pelanggaran Jordan Pickford terhadap Virgil van Dijk yang luput dari penilaian VAR. (Foto dari Sky Sports)

“Jadi [ini tergantung] bagaimana mereka mencoba menutupi absennya pemain yang telah menjadi sentral kemenangan mereka di dalam negeri dan di Eropa selama tiga tahun terakhir,” kata Smith, seperti dikutip dari Sky Sports, Senin (19/10/2020).    

“Ini adalah tugas yang sangat berat dan, dengan pertandingan Liga Premier dan Liga Champions yang semakin padat dan cepat, itu adalah tugas yang sangat mendesak bagi Jurgen Klopp, jika Liverpool ingin terus sukses. Itulah betapa pentingnya Van Dijk,” kata Smith. 

Mantan bek Liverpool Jammie Carragher mengatakan cederanya van Dijk telah membuat perebutann gelar Liga Premier Inggris 2020/21 menjadi lebih terbuka. Ini akan membuat Liverpool sulit untuk mempertahankan gelar yang diraih musim lalu. 

Cerminannya bisa dilihat pada Manchester City di musim 2019/2020. Pensiunnya Vincent Kompany dan krisis bek tengah akibat cedera yang dialami John Stones dan Aymeric Laporte, membuat Pep Guardiola gagal mempertahankan gelar yang mereka kuasai selama dua musim; 2017/18 dan 2018/19.(*)

BERITA TERKAIT:

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.