WHO Gandeng Wikimedia untuk Akses Informasi Terpercaya Tentang Covid-19 di Wikipedia

Penulis: Eddy Mesakh

Wikipedia
Wikipedia
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Wikimedia Foundation perluas akses ke informasi terpercaya tentang Covid-19 di Wikipedia. Demikian diumumkan WHO melalui situs resminya, Rabu (22/10/2020).

Kolaborasi ini merupakan bagian dari komitmen bersama dari kedua organisasi untuk memastikan setiap orang memiliki akses ke informasi kesehatan masyarakat yang kritis seputar pandemi virus Corona global.

Kolaborasi ini akan membuat informasi kesehatan masyarakat tepercaya tersedia di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike pada saat negara-negara menghadapi kebangkitan Covid-19 yang berkelanjutan dan stabilitas sosial semakin bergantung pada pemahaman publik tentang fakta.

BACA JUGA: 

Melalui kolaborasi ini, orang di mana pun akan dapat mengakses dan membagikan infografis, video, dan aset kesehatan masyarakat WHO lainnya di Wikimedia Commons , perpustakaan digital gambar gratis dan multimedia lainnya.

Dengan sumber daya baru yang berlisensi bebas ini, lebih dari 250.000 editor sukarelawan Wikipedia juga dapat membangun dan memperluas cakupan situs Covid-19 , yang saat ini menawarkan lebih dari 5.200 artikel terkait virus corona dalam 175 bahasa. Konten WHO ini juga akan diterjemahkan ke seluruh bahasa nasional dan regional melalui jaringan relawan global Wikipedia yang luas.

“Akses yang adil ke informasi kesehatan terpercaya sangat penting untuk menjaga agar orang tetap aman dan mendapat informasi selama pandemi Covid-19,” kata Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia.

“Kolaborasi baru kami dengan Wikimedia Foundation akan meningkatkan akses ke informasi kesehatan yang dapat diandalkan dari WHO di berbagai negara, bahasa, dan perangkat. ”

Langkah Pencegahan Informasi Sesat

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.