[Video Viral] Ini Bantahan Atas Aliansi Dokter Dunia di Jerman yang Anggap Covid-19 Hanya Flu Biasa

Penulis: Eddy Mesakh

Tangkapan layar video berisi pernyataan Aliansi Dokter Dunia yang kini viral di media sosial. (Suryakepri.com)
Tangkapan layar video berisi pernyataan Aliansi Dokter Dunia yang kini viral di media sosial. (Suryakepri.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM –  Dua hari terakhir beredar luas video viral di media sosial dari “Aliansi Dokter Dunia”  yang menyatakan bahwa Covid-19 sama saja dengan flu biasa.

Seorang penulis bernama Joseph A. Gambardello membantah pernyataan para dokter tersebut melalui situs FackCheck alias Cek Fakta yang diposting pada 21 Oktober 2020, dan diakses Suryakepri.com pada Selasa (27/10/2020).

Selanjutnya adalah terjemahan bebas dari tulisan Joseph A. Gambardello pada situs tersebut dengan beberapa penyesuaian.

Ringkasan: Sebuah video yang diposting oleh kelompok yang berbasis di Eropa bernama The World Doctors Alliance secara keliru mengklaim bahwa virus corona baru adalah “virus flu biasa” dan tidak ada pandemi Covid-19.

BACA JUGA:

Sebenarnya, Covid-19 lebih mematikan daripada flu musiman, dan beberapa negara Eropa sedang memerangi gelombang kedua kasus ini.

Cerita lengkap

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), kita tetap berada di tengah pandemi Covid-19, dengan peningkatan jumlah kasus dan rawat inap yang membebani kemampuan pusat medis di sejumlah wilayah untuk mengatasinya. Sejumlah pemerintah di Eropa telah memberlakukan lebih banyak pembatasan untuk mencegah gelombang kasus lainnya.

Namun pada 10 Oktober, Heiko Schöning, seorang dokter Jerman dan pimpinan kelompok yang dikenal dengan akronim Jerman ACU2020, mengumumkan pembentukan organisasi yang disebut Aliansi Dokter Dunia untuk membantah kebenaran pandemi Covid-19. Situs web aliansi itu mengklaim “sangat jelas bahwa ‘pandemi’ pada dasarnya telah berakhir dan telah berlangsung sejak Juni 2020.”

Sebuah video berdurasi 18 menit yang mengumumkan pembentukan grup tersebut telah diposting di situs ACU2020, tetapi telah dihapus oleh YouTube karena melanggar persyaratan layanannya.

Namun, potongan dari video yang menampilkan dua dokter yang menantang ilmu pengetahuan di balik pandemi beredar di Facebook dengan pernyataan dan statistik yang salah.

Tidak Ada Pandemi?

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.