Thursday, July 18, 2024
HomeLainnyaInternasionalGempa 6,7 SR Guncang Pulau Samos Yunani dan Turki, Korbannya Segini

Gempa 6,7 SR Guncang Pulau Samos Yunani dan Turki, Korbannya Segini

spot_img

ATHENA, SURYAKEPRI.COM –  Gempa bumi berkekuatan 6,7 skala Richter menghantam Laut Aegea timur di lepas pantai Pulau Samos, Yunani, Jumat (30/10/2020), kata Lembaga Geodinamika National Observatory of Athens .

Ahli gempa Yunani telah merevisi perkiraan sebelumnya oleh Pusat Penelitian Jerman untuk Geosains (GFZ) bahwa gempa tersebut berkekuatan 7,1 pada skala Richter.

Getaran terasa di seluruh Kepulauan Aegean dan di sebagian besar daratan Yunani.

Kantor berita nasional Yunani AMNA melaporkan, menurut perkiraan terbaru, pusat gempa terletak sekitar 16 kilometer barat laut Samos pada kedalaman dua kilometer.

Empat orang terluka ringan di Samos.  Petugas pemadam kebakaran belum diberi tahu tentang orang-orang yang terperangkap di gedung.

Menurut AMNA,. gempa tersebut telah merusak bangunan, terutama bangunan tua, termasuk gereja, dan sebagian jaringan jalan di Samos. Kerusakan material juga telah dilaporkan di pulau terdekat Chios dan Ikaria.

Gempa tersebut dilaporkan telah menghantam kota tepi laut Izmir di Turki lebih keras. AMNA dan banyak media Yunani lainnya memuat laporan media Turki tentang sedikitnya empat korban dan sekitar 120 luka-luka yang disebabkan oleh bangunan yang runtuh.

Peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk pulau-pulau Yunani di timur Aegean, dan penduduk pulau telah disarankan untuk menjauh dari garis pantai, Efthymios Lekkas, presiden Organisasi Perencanaan dan Perlindungan Gempa Yunani, mengatakan kepada AMNA.

Dia mengatakan bahwa mereka yang melarikan diri ke jalan tidak boleh panik dan gempa susulan berkekuatan hingga 6 skala Richter kemungkinan besar akan menyusul.

Gempa Jumat kemungkinan besar adalah gempa utama, Manolis Skordilis, profesor seismologi di Universitas Aristoteles Thessaloniki, mengatakan kepada AMNA, menekankan bahwa daerah tersebut telah mengalami gempa kuat dalam beberapa dekade terakhir.

Yunani yang rawan gempa telah menderita beberapa gempa bumi yang merusak dalam sejarah baru-baru ini.

Pada 1999, lebih dari 100 orang kehilangan nyawa ketika gempa berkekuatan 6 skala Richter mengguncang Athena.(*)

#Gempa Bumi #Gempa 6,7 di Pulau Samos Yunani #Gempa Turki #Korban Gempa Yunani 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER