Thursday, March 28, 2024
HomeLainnyaInternasionalPrancis Dalam Level Tertinggi Waspada Teror di Seluruh Negeri

Prancis Dalam Level Tertinggi Waspada Teror di Seluruh Negeri

spot_img

PARIS, SURYAKEPRI.COM – Pemerintah Prancis telah menaikkan kewaspadaan terhadap serangan teror ke level tertinggi di seluruh negeri, menyusul serangan teror pisau di sebuah gereja di Nice, Kamis (29/10/2020) yang menewaskan tiga orang dan melukai sejumlah lainnya.

Hal itu dikatakan Perdana Menteri Jean Castex, setelah peristiwa penyerangan tersebut.

Berbicara di Majelis Nasional, Castex mengecam serangan pisau di Nice sebagai tindakan pengecut dan biadab dan menetapkan bahwa pertemuan dewan pertahanan akan berlangsung pada Jumat pagi.

Kamis dini hari, seorang penyerang menggunakan pisau menikam sampai mati tiga orang di basilika Notre-Dame di Nice tengah.

Pelaku diduga telah ditembak oleh polisi dan kini dalam perawatan di rumah sakit.

BACA JUGA:

Kantor kejaksaan anti-terorisme nasional (PNAT) Prancis mengatakan akan menyelidiki insiden di bawah “upaya pembunuhan terkait teroris.”

Menyusul gelombang serangan pada 2015 dan 2016, Prancis telah menjadikan “Vigipirate plan” sebagai instrumen permanen dalam perang melawan terorisme.

Rencana tersebut memiliki tiga tingkat peringatan: “kewaspadaan” yang merepresentasikan postur keamanan permanen; “peningkatan keamanan – risiko serangan”, yang merespons ancaman tinggi teroris; dan “darurat serangan”, yang menanggapi serangan atau ancaman langsung dari serangan teroris.

Level darurat serangan dapat disesuaikan segera setelah serangan atau jika kelompok teroris yang teridentifikasi dan kelompok teroris non-lokal mulai beraksi.

Menurut situs web pemerintah, ketika diaktifkan, rencana tersebut memungkinkan untuk memastikan mobilisasi sumber daya yang luar biasa, dan untuk menyebarkan informasi untuk melindungi warga dalam situasi krisis.(*)

#Prancis Waspada Tertinggi Teror #Serangan Teror Pisau #Teror Pisau di Prancis #Teror Pisau Tewaskan 3 Orang #Surya Kepri #Suryakepri.com #Teror Pisau di Gereja Prancis 

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER