Sunday, June 16, 2024
HomeLainnyaInternasionalKabar Terbaru Gempa Yunani-Turki, 14 Orang Tewas Lebih 600 Orang Terluka

Kabar Terbaru Gempa Yunani-Turki, 14 Orang Tewas Lebih 600 Orang Terluka

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Perkembangan terbaru melaporkan bahwa setidaknya 14 orang tewas dan lebih dari 600 orang terluka akibat gempa bumi 6,7 SR yang berpusat di Pulau Samos, Yunani, Jumat (30/10/2020).

Kantor Berita CNN mengutip Menteri Lingkungan dan Urbanisasi Turki, Murat Kurum, menyebutkan bahwa 522 orang terluka.

Sementara laporan terakhir New York Times, Sabtu (31/20/2020) dinihari menyebutkan 607 orang terluka. 

Kurum juga menyebutkan bahwa 114 gempa susulan telah dicatat, dan operasi pencarian dan penyelamatan berlanjut di 17 gedung, empat di antaranya ambruk total.

Haluk Ozener, Kepala Observatorium Kandilli di Istanbul, Turki,  mengatakan bahwa titik gempa berada pada kedalaman 10 kilometer di bawah dasar laut. Dia memperingatkan bahwa gempa susulan dapat berlanjut hingga 15 hari ke depan.

BACA JUGA:

Sementara United State Geological Survey (USGS) menyebutkan pusat gempa sekitar 17 kilometer dari kota pesisir Seferihisar, Turki. Awalnya menyebutkan gempa ini memiliki magnitudo 7 SR, namun telah direvisi beberapa kali.

Meski gempa berpusat di wilayah Yunani, namun kerusakan dan korban terbanyak dialami oleh tetangganya, Turki.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melalui twitter menyampaikan terima kasih kepada perdana menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis, atas ucapan belasungkawa dan menawarkan bantuan kepada Turki. 

“Turki juga selalu siap membantu Yunani menyembuhkan luka-lukanya,” kata Erdogan, seraya menambahkan “bahwa dua tetangga menunjukkan solidaritas di masa-masa sulit yang lebih berharga daripada banyak hal dalam hidup.”

Yunani dan Turki telah bentrok dalam beberapa bulan terakhir karena ketegangan di Mediterania timur. Mereka terlibat perselisihan sengit terkait eksplorasi sumber energi di Mediterania timur dan Pulau Siprus yang terpecah.

Mungkin gempa ini telah menjadi penengah konflik di antara kedua negara.

“Apa pun perbedaan kita, inilah saat-saat ketika masyarakat kita perlu berdiri bersama,” kata Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis saat melepon Erdogan.

Banyak Orang Tertimbun Reruntuhan

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER