Thursday, July 18, 2024
HomeBisnisFinanceWow, Susah-susah Begini, Ekonomi AS Masih Tumbuh 33,1 Persen, Peluang Donald Trump...

Wow, Susah-susah Begini, Ekonomi AS Masih Tumbuh 33,1 Persen, Peluang Donald Trump Kembali Menangi Pilpres  

spot_img

WASHINGTON, SURYAKEPRI.COM – Pertumbuhan ekonomi tahunan Amerika Serikat (AS) tercatat sebesar 33,1 persen pada kuartal ketiga setelah kontraksi tajam pada kuartal sebelumnya.  Demikian menurut laporan Departemen Perdagangan AS, Kamis (29/10/2020).

Meskipun rebound yang tampak cepat, ekonomi AS pada kuartal ketiga turun 2,9 persen dibandingkan tahun lalu, menurut perkiraan sebelumnya yang dirilis oleh departemen Biro Analisis Ekonomi.

Tingkat produk domestik bruto (PDB) riil tetap di bawah puncak pra-pandemi (Kuartal 4 pada 2019), yang akan terjadi jika pertumbuhan yang stabil terus berlanjut, kata David Wilcox, seorang rekan senior di Peterson Institute for International Economics.

BACA JUGA:

“Pertumbuhan harus menjadi 53,3 persen pada kuartal ketiga untuk mengembalikan tingkat PDB ke puncak sebelumnya, 63,7 persen untuk mencapai kembali tren sebelumnya,” kata Wilcox, mencatat “masih banyak yang harus dilakukan.”

Perekonomian AS masih sekitar 3,5 persen lebih kecil dibandingkan pada akhir tahun lalu, sebelum dilanda pandemi.

Gregory Daco, kepala ekonom AS di Oxford Economics, mengatakan di Twitter bahwa PDB kuartal ketiga “memecahkan rekor & tidak berarti pada saat yang sama.”

Belanja konsumsi turun 3,3 persen dari tingkat sebelum pandemi, dan investasi bisnis turun 4,9 persen, kata Daco. Ekspor turun 15,3 persen dan impor turun 7,1 persen.

Belanja pemerintah federal naik 2,6 persen, sementara belanja pemerintah negara bagian dan lokal turun 1,9 persen.

Kata Daco, kenaikan Q3 didorong oleh “lonjakan”  belanja konsumsi yang dipimpin oleh permintaan barang, dan “pasar perumahan yang panas” didorong oleh pertumbuhan pendapatan yang dirangsang secara fiskal dan suku bunga rendah secara historis.

Rebound Kuartal III Setelah Penurunan 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER