Singapura Stop Terbitkan Uang Kertas $ 1.000 untuk Tekan Pencucian Uang

Uang kertas denominasi S$1.000 (sekitar Rp 10.709.650 - kurs 3 November 2020) akan dikurangi oleh Pemerintah Singapura mulai 1 Januari 2021. (Foto: Channel News Asia)
Uang kertas denominasi S$1.000 (sekitar Rp 10.709.650 - kurs 3 November 2020) akan dikurangi oleh Pemerintah Singapura mulai 1 Januari 2021. (Foto: Channel News Asia)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SINGAPURA, SURYAKEPRI.COM – Singapura akan berhenti menerbitkan uang kertas denominasi Sin $ 1.000 untuk mengurangi risiko pencucian uang. Itu akan mulai diterapkan per 1 Januari 2021.

Demikian pengumuman dari Monetary Authority of Singapore (MAS), Selasa (3/11/2020).

Selain untuk menekan risiko pencucian uang, dihentikannya penerbitan uang kertas denominasi Sin $ 1.000 juga bertujuan mencegah pendanaan terorisme.

Mulai sekarang hingga Desember, MAS akan mengeluarkan uang kertas S $ 1.000 dalam jumlah terbatas pada setiap bulan.

“Ini adalah tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko pencucian uang dan pendanaan terorisme yang lebih tinggi terkait dengan uang kertas denominasi besar,” kata MAS.

BACA JUGA:

Lembaga itu mencatat bahwa uang kertas denominasi besar memungkinkan individu untuk membawa nilai uang yang besar secara anonim.

“Langkah ini sejalan dengan norma internasional dan yurisdiksi utama telah berhenti mengeluarkan uang kertas denominasi besar seperti itu.”

Uang kertas senilai S $ 1.000 yang beredar akan tetap menjadi alat pembayaran yang sah dan dapat terus digunakan sebagai alat pembayaran.

Bank dapat terus mengedarkan kembali uang kertas S $ 1.000 yang ada yang mereka simpan, kata MAS.

Ia menambahkan bahwa denominasi lain akan tersedia “dalam jumlah yang cukup” untuk memenuhi permintaan, terutama uang kertas S $ 100 yang merupakan denominasi tertinggi berikutnya.

Masyarakat juga didorong untuk menggunakan pembayaran elektronik seperti PayNow dan FAST.

Sebelumnya, Singapura juga sudah berhenti menerbitkan uang kertas S $ 10.000 pada tahun 2014, yang saat itu menjadi salah satu uang kertas paling berharga di dunia.

“Perkembangan sistem pembayaran elektronik yang lebih maju dan aman telah mengurangi kebutuhan akan transaksi berbasis uang tunai yang bernilai besar,” kata wakil direktur pelaksana MAS Ong Chong Tee.(*)

#Uang Kertas S $ 1.000 #Uang Kerta Seribu Dollar Sing #Dolar Singapura #MAS #Pencucian Uang #Pendanaan terorisme 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.