Ilmuwan Temukan Planet Aneh; Cair, Sepanas Neraka, Anginnya Lebih Kencang dari Pesawat Supersonik

Editor: Eddy Mesakh

Render seorang seniman menggambarkan planet cair K2-141b. (Julie Roussy / McGill Desain Grafis dan Getty Images via Space.com)
Render seorang seniman menggambarkan planet cair K2-141b. (Julie Roussy / McGill Desain Grafis dan Getty Images via Space.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Ilmuwan menemukan sebuah planet aneh. Planet ini cair, memiliki lautan lava, atmosfer yang berasal dari batuan yang menguap, angin supersonik, dan gletser batu.

Dikutip dari Space.com, Jumat (6/11/2020), para ilmuwan mengatakan planet ekstrasurya yang baru ditemukan itu adalah salah satu lingkungan paling ekstrem yang ditemukan di luar tepian tata surya.

Para ilmuwan mengatakan mereka mungkin telah mengidentifikasi dunia lava yang begitu dramatis sehingga mungkin memiliki atmosfer regional tipis berupa batuan menguap yang paling dekat dengan bintangnya.

Planet ekstrasurya tersebut dinamai K2-141b. Planet ini sebenarnya telah ditemukan sejak tahun 2017.

BACA JUGA:

Ukuran planet lava ini satu setengah kali lebih besar dari bumi, tetapi orbitnya sangat dekat dengan bintangnya yang lebih kecil dari matahari.

Berbeda dengan Bumi yang terus berotasi pada porosnya, planet K2-141b memiliki sisi yang senantiasa atau secara permanen menghadap ke arah mataharinya.

Karena faktor tersebut, para ilmuwan memprediksi dua pertiga dari permukaan planet K2-141b diterangi matahari secara permanen.

Kondisi itu mengakibatkan tidak hanya sebagian dunia yang tertutup lautan lava, tetapi batuan pada permukaan planet itu mungkin menguap ke laut, karena saking panasnya.

“Semua planet berbatu, termasuk Bumi, dimulai sebagai dunia cair, tetapi kemudian dengan cepat mendingin dan mengeras,” kata Nicolas Cowan, seorang ilmuwan planet di Universitas McGill, Kanada sekaligus salah satu penulis makalah baru itu.

“Planet lava memberi kita pandangan langka pada tahap evolusi planet ini.”

Punya Lautan Lava Mungkin Sepanas Neraka 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.