Anthony Fauci: Vaksin Akan Hentikan Pandemi, Tetapi Covid-19 Akan Abadi

DR Anthony Fauci. (Foto dari BBC)
DR Anthony Fauci. (Foto dari BBC)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Pakar penyakit menular Amerika Serikat (AS) Anthony Fauci mengatakan vaksin akan menghentikan pandemi, tetapi  Covid-19 akan abadi alias menjadi endemik secara global.

“Hari-hari pandemi virus korona dihitung – berkat vaksin mendatang yang terbukti efektif sejauh ini melawan virus,” prediksi Dr. Anthony Fauci seperti dikutip New York Post, Kamis (12/11/2020). 

“Jelas itu tidak akan menjadi pandemi lebih lama karena saya yakin vaksin akan membaliknya,” kata Fauci pada diskusi virtual tentang kesehatan yang diselenggarakan oleh lembaga think tank Chatham House yang berbasis di London.

BACA JUGA:

Namun, pakar penyakit menular terkemuka AS itu memperingatkan bahwa virus corona baru (SARS-CoV-2) kemungkinan akan abadi.  

“Saya ragu kita akan memberantas ini,” katanya. “Saya pikir kita perlu merencanakan bahwa ini adalah sesuatu yang mungkin perlu akan bertahan secara kronis. Ini mungkin sesuatu yang menjadi endemik yang harus kita waspadai.”

Perusahaan biofarmasi di seluruh dunia berlomba mengembangkan vaksin yang aman dan efektif melawan Covid-19.

Awal pekan ini, Pfizer dan BioNTech mengumumkan bahwa kandidat vaksin mereka memiliki efektivitas lebih dari 90 persen berdasar studi tahap akhir.

Moderna juga mengatakan Rabu bahwa mereka memiliki cukup data untuk menilai keefektifan vaksin buatan mereka.

Perusahaan tidak mengatakan kapan hasilnya akan dirilis, tetapi Fauci mengatakan pada hari yang sama bahwa hasilnya bisa segera.(*)

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.