Apple Tak Lagi Jual Chipset Intel di MacBook Air dan Pro, Kenapa?

McBook
Ilustrasi MacBook. (www.apple.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Apple memutuskan menghilangkan beberapa jajaran Mac yang dibekali oleh chipset Intel saat mengumumkan MacBook teranyar dengan cipset Apple M1.

Apple perkenalkan Mac mini, MacBook Air, dan MacBook Pro. MacBook Air 13 inci saat ini hanya dilengkapi oleh chip silikon Apple M1. Tidak akan ada lagi MacBook Air yang dilengkapi dengan CPU Intel.

MacBook Air dibanderol dengan harga mulai dari US$999 atau sekitar Rp14,1 juta.

CPU Intel di MacBook Pro 13 inci masih tersedia, namun hanya untuk di varian termahalnya. CPU Intel disediakan untuk MacBook Pro yang dijual dengan harga US$1,8 ribu atau sekitar Rp25,5 juta hingga US$2 ribu atau sekitar Rp28,4 juta. Kedua varian ini memiliki empat lubang port Thunderbolt.

Sementara chip Apple M1 tersedia tntuk varian dengan harga US$1,3 ribu atau sekitar Rp18,4 juta dan US$1,5 ribu atau sekitar Rp21,3 juta. Kedua varian memiliki dua lubang port Thunderbolt.

Sama seperti MacBook Pro, Mac mini juga masih menawarkan CPU intel untuk varian termahalnya. Varian US$700 atau sekitar Rp9,9 juta dan US$900 atau sekitar Rp12,7 juta dibekali dengan chip M1.

Dilansir dari The Verge, CPU Intel disediakan untuk varian Mac mini dengan harga mulai US$1,1 ribu atau sekitar Rp15,6 juta.

Sebelumnya, hasil benchmark (tolak ukur) MacBook Air 2020 dengan M1 mengalahkan model MacBook Pro 16 inci 2019, termasuk Intel Core i9 2,4 GHz generasi ke-10 kelas atas.

Dilansir dari ZDnet, Apple M1 adalah Arm SoC (system on chip) delapan inti dengan fabrikasi 5 nanometer yang terdiri dari 16 miliar transistor. Sebagai informasi, chipset A4 Bionic yang digunakan oleh seri iPhone 12 terdiri dari 11,8 miliar transistor.(*)

Editor: Putra | Sumbe: CNNIndonesia.com

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.