Vaksin Covid-19 Modena Hanya Butuh Suhu 2-8 Derajat, Pfizer Perlu Minus 70 Derajat

Penulis: Eddy Mesakh

FOTO FILE: Botol dengan stiker bertuliskan,
FOTO FILE: Botol dengan stiker bertuliskan, "COVID-19 / vaksin Coronavirus / Injeksi saja" dan jarum suntik medis terlihat di depan logo Moderna yang ditampilkan dalam ilustrasi yang diambil pada 31 Oktober 2020. (Foto: REUTERS / Dado Ruvic / Ilustrasi)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

CAMBRIDGE, SURYAKEPRI.COM – Vaksin Covid-19 dari Modena stabil pada suhu lemari es normal 2 hingga 8 derajat Celcius selama 30 hari. Vaksin ini tahan disimpan hingga 6 bulan pada suhu -20 derajat Celcius.

Sementara vaksin Pfizer harus dikirim dan disimpan pada minus 70 derajat Celcius, suhu yang biasa terjadi pada musim dingin di Antartika.

Tetapi vaksin Prizer dapat disimpan hingga lima hari pada suhu lemari es standar, atau hingga 15 hari dalam kotak pengiriman termal.

Sementara itu, berdasar data dari uji coba Moderna yang melibatkan 30.000 sukarelawan juga menunjukkan vaksin mencegah kasus COVID-19 parah, pertanyaan yang masih tersisa pada vaksin Pfizer.

BACA JUGA:

Kebanyakan efek samping vaksin Covid-19 dari Modena ringan sampai sedang. Namun, sebagian besar sukarelawan mengalami rasa sakit dan nyeri yang lebih parah setelah mengambil dosis kedua.

Demikian pula sekitar 10 persen yang mengalami kelelahan cukup parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sementara 9 persen lainnya mengalami nyeri tubuh yang parah. Sebagian besar keluhan ini umumnya tidak berlangsung lama.

Demikian penjelasan Moderna, perusahaan produsen vaksin Covid-19 itu.

“Efek ini adalah apa yang kita harapkan dengan vaksin yang bekerja dan mendorong respons kekebalan yang baik,” kata Peter Openhaw, profesor kedokteran eksperimental di Imperial College London.

Satu Miliar Dosis Vaksin Modena dan Pfizer

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.