Vaksin Modena Lebih Ampuh dari Pfizer, Efektif 94,5 Persen Cegah Covid-19

Penulis: Eddy Mesakh

FOTO FILE: Botol dengan stiker bertuliskan,
FOTO FILE: Botol dengan stiker bertuliskan, "COVID-19 / vaksin Coronavirus / Injeksi saja" dan jarum suntik medis terlihat di depan logo Moderna yang ditampilkan dalam ilustrasi yang diambil pada 31 Oktober 2020. (Foto: REUTERS / Dado Ruvic / Ilustrasi)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

CAMBRIDGE, SURYAKEPRI.COM – Vaksin eksperimental Moderna 94,5 persen efektif mencegah COVID-19 berdasarkan data sementara dari uji coba tahap akhir. Ini diungkap perusahaan tersebut pada Senin (16/11/2020).

Dengan demikian, Modena menjadi produsen obat AS kedua yang melaporkan hasil di atas ekpektasi.

Bersama vaksin Pfizer/BioNtech, yang juga lebih dari 90 persen efektif, kedua vaksin itu sedang menunggu lebih banyak data keamanan dan tinjauan peraturan. Amerika Serikat dapat memiliki dua vaksin yang disahkan untuk penggunaan darurat pada bulan Desember sebanyak 60 juta dosis vaksin tersedia tahun ini.

Vaksin tersebut, keduanya dikembangkan dengan teknologi baru yang dikenal sebagai messenger RNA (mRNA), mewakili alat yang ampuh untuk melawan pandemi yang telah menginfeksi 54 juta orang di seluruh dunia dan membunuh 1,3 juta.

BACA JUGA:

Tidak seperti vaksin Pfizer, vaksin Moderna dapat disimpan pada suhu lemari es normal, yang seharusnya membuatnya lebih mudah untuk didistribusikan.

Kehadiran kedua vaksin tersebut memberi harapan di tengah lonjakan kasus COVID-19 , yang mencapai rekor baru di Amerika Serikat dan juga mendorong beberapa negara Eropa kembali melakukan lockdown.

“Kami akan memiliki vaksin yang dapat menghentikan COVID-19,” kata Presiden Moderna Stephen Hoge dalam wawancara telepon.

Analisis sementara Moderna didasarkan pada 95 infeksi di antara peserta uji coba yang menerima vaksin atau plasebo.

Hanya lima infeksi terjadi pada relawan yang menerima vaksin mRNA-1273, yang diberikan dalam dua suntikan dengan selang waktu 28 hari.

“Vaksin ini benar-benar cahaya di ujung terowongan,” kata Dr Anthony Fauci, pakar penyakit menular terkemuka AS.

Dia mendesak masyarakat Amerika untuk tidak lengah dan terus mencuci tangan dan tetap waspada menjaga jarak sosial.

Bahkan dengan otorisasi yang cepat, vaksin tidak akan datang tepat waktu bagi kebanyakan orang yang merayakan Thanksgiving AS dan liburan akhir tahun, ketika keluarga dan teman berkumpul. Pejabat kesehatan tetap memperingatkan masyarakat untuk tidak melakukan pertemuan.

Moderna berharap memiliki cukup data keamanan yang diperlukan untuk otorisasi AS pada minggu depan atau lebih dan berharap untuk mengajukan otorisasi penggunaan darurat (EUA) dalam beberapa minggu mendatang.

Saham perusahaan, yang meningkat empat kali lipat tahun ini, melonjak 8 persen, sementara saham Eropa dan AS naik. Benchmark S&P 500 naik 1 persen, sedangkan pan-Eropa STOXX 600 naik 1,3 persen.

Saham Pfizer dan mitranya BioNTech, yang vaksinnya membutuhkan suhu lebih dingin dalam proses transportasi, masing-masing turun 4,3 persen dan 16,4 persen. Sementara AstraZeneca Inggris, yang belum merilis hasil apa pun dari uji coba vaksin tahap akhir, turun 1 persen.(*)

Vaksin Covid-19, Vaksin Covid Modena, Vaksin Pfizer, Vaksin Covid-19 Pfizer/BioNtech, Pandemi Covid-19

 

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.