Friday, April 19, 2024
HomeLainnyaNasionalEmpat Jemaatnya Dibunuh, Ini Pernyataan Gereja Bala Keselamatan; Ketua PGI Memohon Ini...

Empat Jemaatnya Dibunuh, Ini Pernyataan Gereja Bala Keselamatan; Ketua PGI Memohon Ini Kepada Pemerintah

spot_img
Ketua PGI Pdt Gomar Gultom. (Foto: Victorious News)
Ketua PGI Pdt Gomar Gultom. (Foto: Victorious News)

Ketua Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Gomar Gultom memohon aparat keamanan menuntaskan kasus ini.

“Saya sangat prihatin dengan peristiwa kekerasan yang terjadi di Dusun Lewonu, Desa Lemban Tongoa, Sulteng, dimana rumah ibadah Bala Keselamatan dan 6 rumah dibakar, 4 warga dibunuh secara sadis,” kata Gomar Gultom dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/11/2020).

“Saya mengungkapkan belarasa kepada keluarga yang ditinggal dan umat Bala Keselamatan,” kata dia lagi.

“Peristiwa yang sangat mengenaskan seperti ini mengingatkan kita akan beberapa kejadian berulang yang secara sporadis terjadi di daerah Sulawei Tengah,” tambahnya.

“Terkait dengan ini saya sangat memohon agar aparat keamanan menuntaskan sisa-sisa kombatan teroris, agar masyarakat bebas dari ancaman teror, khususnya di sekitaran Poso dan Sigi. Kehadiran negara diperlukan di seluruh pelosok negeri untuk memulihkan rasa aman dalam diri masyarakat,” ujarnya.

Berikut Siaran Pers PGI terkait pembunuhan keji terhadap empat jemaat Gereja Bala Keselamatan di Dusun 5 Lewonu, Desa Lemban Tongoa, Sigi, Sulawesi Tengah, yang dikutip dari situs resmi PGI:

“Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengutuk pembantaian 4 warga dan pembakaran sejumlah rumah warga serta satu rumah warga yang dijadikan tempat ibadah bagi warga Nasrani yang terjadi di Dusun Lewonu, Desa Lemban Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah,” tulis pernyataan PGI yang dikutip Suryakepri.com, Minggu (29/11/2020).

“Kejadian ini mempertontonkan perilaku barbar dan biadab yang harus dikecam oleh semua orang beradab.”

MPH-PGI juga mengungkapkan belarasa dan keprihatinan yang mendalam kepada keluarga yang berduka, dan kepada segenap pelayan serta jemaat Gereja Bala Keselamatan di Desa Lemban Tongoa atas peristiwa yang terjadi pada Jumat (27/11/2020).

Terkait dengan peristiwa ini, kami menyerukan beberapa hal sebagai berikut;

1) Mendesak pemerintah dan aparat keamanan untuk sesegera mungkin mengusut tuntas kasus ini, menangkap dan menindak tegas para pelaku pembantaian biadab ini. Selain itu, perlu dikordinasikan tindakan cepat untuk memulihkan trauma keluarga korban dan masyarakat sekitar, serta memberikan jaminan keamanan dan ketentraman bagi masyarakat agar tidak ada lagi ancaman teror.

2) Mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, memelihara kerukunan dan persaudaraan, sambil sepenuhnya mendukung upaya pemerintah untuk menangani kasus ini.

3) Mendorong peran tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk bersikap proaktif dalam penanggulangan gerakan ekstremisme yang melegalkan cara-cara teror yang sungguh menodai nilai-nilai luhur agama maupun kebangsaan.

4) Mengajak gereja-gereja dan umat beragama lainnya untuk tekun berdoa agar tragedi kemanusiaan di Sulawesi Tengah segera terselesaikan, dan keluarga para korban serta masyarakat lainnya diberi kekuatan dan perlindungan.

5) Mengajak setiap keluarga Kristen untuk menyalakan satu lilin Adven di awal rangkaian Minggu Adven yang menandakan bahwa harapan tak akan pernah pudar di tengah prahara, serta menaikan doa syafaat bagi para korban serta keluarga korban pembantaian di Dusun Lewonu, Desa Lemban Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Kami terus mendoakan dan mendukung semua langkah dan upaya pemerintah untuk memelihara keamanan dan ketentraman masyarakat di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bebas dari aksi teror dan estremisme.

Demikian pernyataan pers kami sampaikan untuk menjadi perhatian pihak terkait dalam penyelesaian masalah pembantaian warga dan pembakaran Rumah ibadah di Desa Lemban Tongoa, Sulteng.

Jakarta, 28 November 2020| a.n Majelis Pekerja Harian PGI, Humas PGI, Philip Situmorang.(*)

 

Desa Lemban TongoaGereja Bala Keselamatan Lewonu Dibakar, Gereja Dibakar Kabupaten Sigi, Kecamatan Palolo, Pembakaran Gereja di Palu, Pembunuhan di Desa Lemban Tongoa, Pembunuhan di Sigi Sulteng, Pembunuhan keji di Dusun Tokelemo, Pembunuhan Sekeluarga di SigiProsesi Penguburan Korban Pembunuhan di Sigi Sulteng, Pernyataan Sikap Gereja Bala Keselamatan, Pernyataan Sikap PGI 

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER