Awal Pekan Desember Ini, Warga Tanjungpinang-Bintan Waspada Cuaca Buruk Secara Tiba-tiba

Ilustrasi, awan tebal mengelilingi Tanjunginang (Suryakepri.com/Muhammad Bunga Ashab)
Ilustrasi, awan tebal mengelilingi Tanjunginang (Suryakepri.com/Muhammad Bunga Ashab)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mengingatkan warga Tanjungpinang dan Bintan untuk mewaspadai cuaca buruk datang tiba-tiba pada awal Desember.

BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai awan Cumulonimbus yang dapat menyebabkan cuaca buruk secara tiba-tiba. Selain itu, waspada terhadap gelombang tinggi berkisar antara 0.5 – 2.5 m untuk satu minggu ke depan.

.Baca: KPU Batam Batasi Jumlah Pemilih ke TPS, Jam Kehadiran Diatur 500 Orang

.Baca: Kapolres Bintan Tegaskan Personelnya Netral, Sekaligus Bantah Isu Polisi Berikan Data ke Salah Satu Paslon

.Baca: Joe Biden Patah Tulang Akibat Terpeleset dan Jatuh, Harus Pakai Walking Boot

Prakirawan BMKG Tanjungpinang Miranda Putri Permatasari menyampaikan, adanya potensi cuaca buruk datang tiba-tiba dan gelombang tinggi itu diketahui berdasarkan analisis dinamika atmosfer, pengaruh fenomena cuaca skala global (ENSO,MJO, dan SST) masih berpengaruh terhadap penambahan massa udara di wilayah Indonesia. Sedangkan IOD tidak berpengaruh signifikan terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia.

“Ditinjau berdasarkan pengaruh fenomena cuaca skala regional berupa adanya wilayah belokan angin (shearline) serta pusaran siklonik sekitar wilayah Kepulauan Riau, mengakibatkan adanya perlambatan massa udara, sehingga dapat menjadi faktor yang memicu pertumbuhan awan-awan konvektif penghasil hujan.”

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.