Pesawat Ruang Angkasa Chang’e Sudah Lepas Landas dari Bulan

Chang'e 5, wahana luar angkasa China yang mengumpulkan sampel dari bulan untuk dibawa ke Bumi. (Foto dari Space.com)
Chang'e 5, wahana luar angkasa China yang mengumpulkan sampel dari bulan untuk dibawa ke Bumi. (Foto dari Space.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Pesawat luar angkasa China Chang’e 5 telah lepas landas dari bulan membawa sampel yang diambil dari permukaan satelit Bumi itu.

China telah meluncurkan pesawat ruang angkasa kecil dari permukaan bulan dalam langkah penting berikutnya dalam misi ambisius Chang’e 5 untuk membawa sampel bulan ke Bumi.

Wahana kecil, yang berada di atas pendarat Chang’e 5, lepas landas dari Oceanus Procellarum pada pukul 10:10 EST Kamis (3/12/2020) pukul 15:10 GMT/23:10 waktu Beijing, membawa serta sampel segar dari bulan untuk pertama kalinya sejak 1976.

Enam menit kemudian, pesawat ruang angkasa mencapai orbit bulan, menandai tonggak penting dalam misi Chang’e 5 untuk mengembalikan sampel bulan ke Bumi.

BACA JUGA:

Tugas selanjutnya adalah bertemu pengorbit Chang’e 5 saat masih mengelilingi bulan, kemudian memindahkan kargo berharganya ke kapsul untuk perjalanan pulang ke Bumi.

Tahap selanjutnya adalah pertemuan dan penambatan yang sangat menantang antara kendaraan luar angkasa dan pengorbit Chang’e 5 saat mengorbit bulan. Aktivitas tersebut perlu diotomatiskan karena penundaan waktu dalam berkomunikasi melintasi sekitar 236.000 mil (380.000 kilometer) antara Bumi dan bulan.

Kedua pesawat ruang angkasa itu akan memulai pendekatan terakhir pada Sabtu (5/12/2020) dan menyelesaikan doknya 3,5 jam kemudian.

Jika semuanya berjalan lancar, China kemudian akan mempersiapkan perjalanan terakhir untuk mengirimkan sampel bulan pertama ke Bumi dalam 44 tahun.

Namun, sampel bulan tidak akan segera pulang. Pesawat ruang angkasa Chang’e 5 harus menunggu di orbit bulan selama beberapa hari untuk jendela sempit untuk menyalakan mesinnya dan menuju Bumi.

Pengaturan waktu yang cermat dari manuver injeksi trans-Bumi ini akan memungkinkan pengorbit mengirimkan modul masuk kembali ke Bumi pada waktu yang tepat untuk mendarat di Siziwang Banner, Mongolia Dalam – situs yang sama yang digunakan oleh Administrasi Luar Angkasa Nasional China untuk memulangkan astronot di pesawat luar angkasa Shenzhou.

NEXT: Butuh 112 Jam untuk Kembali ke Bumi 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.