Tak Usah Nunggu Gaji Besar, Begini Cara Investasi Emas Sejak Dini

Ilustrasi. Harga emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk.(ist)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Banyak milenial zaman now yang pesimis saat mendengar kata investasi. Mereka merasa tidak bisa menyisihkan uang untuk diinvestasikan. Alasan terbesar adalah karena gaji yang dirasa tak cukup besar.

Padahal untuk memulai investasi itu enggak harus punya gaji dengan nominal besar. Kamu yang gajinya hanya Rp2,5 jutaan pun sudah bisa berinvestasi, karena kuncinya ada di pengaturan keuangan.

Yuk kita cek bersama, bagaimana sih caramu mengatur keuangan bulanan selama ini? Sebenarnya, ada dua skema yang terkenal dalam pengaturan keuangan.

Yang pertama adalah 60/20/20 dan yang kedua adalah 50/30/20. Skema yang pertama artinya 60% untuk kebutuhan sehari-hari, 20% untuk tabungan/investasi, dan 20% untuk dana hiburan. Skema yang kedua juga sama, tinggal disesuaikan saja angkanya.

Nah, cara membuat perencanaan keuangan bulanan sederhana dengan skema yang pertama, supaya kamu bisa menyisihkan uang untuk berinvestasi saat gajian, walaupun cuma Rp2,5 juta saja.

Jika gajimu setiap bulan adalah Rp2,5 juta, maka sesuai skema 60/20/20, jatah untuk kebutuhan sehari-harimu adalah Rp1,5 juta.

Kebutuhan sehari-hari adalah makan, bensin atau transportasi lainnya; keperluan sehari-hari seperti sabun, sampo, dan lain sebagainya; bayar kos, listrik, dan juga pulsa. Agar kamu bisa mengaturnya, buat catatan pengalokasian dana kebutuhan sehari-hari.

Jangan cuma dibayangkan ya, melainkan harus benar-benar dicatat. Misalnya uang kos 500 ribu rupiah per bulan, lalu uang makan 600 ribu rupiah per bulan (20 ribu rupiah per hari), uang bensin 100 ribu rupiah per bulan, sisanya untuk pulsa dan kebutuhan sehari-hari, begitu seterusnya.

Mau bersenang-senang? Boleh, asal tidak kebablasan

Kamu juga berhak bersenang-senang setelah kerja keras selama sebulan penuh. Karena itu, kamu perlu mengalokasikan dana bahagia atau bujet untuk hiburan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.