Boeing 737 Max, Pesawat yang Celaka di Indonesia, Kini Boleh Terbang Lagi

Boeing 737 Max (Foto: Bloomberg)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

HOUSTON, SURYAKEPRI.COM – Boeing 737 Max menyelesaikan penerbangan publik pertamanya pada Rabu (2/12/2020) setelah dilarang terbang selama 20 bulan, menyusul dua kecelakaan fatal tahun lalu.

Xinhua melaporkan bahwa penerbangan kembali perdana itu membawa sekelompok jurnalis di dalamnya, penerbangan 45 menit dari Dallas, Texas, ke Tulsa, Oklahoma.

Itu adalah upaya terbaru American Airlines, salah satu pelanggan terbesar Boeing Max, untuk menunjukkan kepercayaan mengenai keselamatan pesawat.

BACA JUGA:

Bulan lalu, Administrasi Penerbangan Federal AS membatalkan pesanan yang menghentikan operasi komersial Boeing 737 Max, membuka jalan bagi Max untuk kembali ke layanan komersial.

Max telah dilarang terbang di seluruh dunia sejak Maret 2019 setelah kecelakaan di Indonesia dan Ethiopia menewaskan 346 orang dalam dua penerbangan.

Kecelakaan di Indonesai terjadi pada 29 Oktober 2018, dialami pesawat Lion Air JT-610 rute Jakarta-Pangkal Pinang. 

Pesawat terebut jatuh di perairan Karawang, menewaskan 189 orang, terdiri atas 179 penumpang dewasa, 1 penumpang anak, 2 bayi, 2 pilot, dan 5 kru.

Pesawat itu mengalami masalah sehari sebelum kecelakaan maut itu. Terjadi  trouble pada sistem operasi pesawat.

Lima bulan berselang, pesawat Boeing 737 Max 8 milik Ethiopian Airline, jatuh pada 10 Maret 2019.

Pesawat baru mengudara selama tiga menit dari Bandara Addis Ababa, tetapi Kapten Pilot Yared Getachew meminta izin kembali mendarat karena muncul masalah pada kecepatan pesawat.

Namun naas, pesawat itu akhirnya jatuh, menewaskan 157 orang.

Kedua kecelakaan pada jenis pesawat yang sama dan dalam waktu yang berdekatan membuat pesawat Boeing 737 MAX 8 dan MAX 9 dilarang terbang di seluruh dunia.

Kini, Boeing telah kembali mengoperasikan pesawat tersebut. (*)

Boeing 737 MAX 8, Boeing 737 MAX 9, Boeing 737 Max, Administrasi Penerbangan Federal AS, Lion Air JT-610 Jakarta-Pangkal Pinang, Boeing 737 Max 8 Ethiopian Airline

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.