Roket Starship SN8 SpaceX Meledak, Elon Musk: Mars, Kami Datang! 

Prototipe Starship SN8 SpaceX diluncurkan pada uji terbang ketinggian tertinggi pertamanya dari Boca Chica, Texas, AS, pada Rabu 9 Desember 2020 malam atau . Kamis pagi waktu Indonesia. (Foto: SpaceX)
Prototipe Starship SN8 SpaceX diluncurkan pada uji terbang ketinggian tertinggi pertamanya dari Boca Chica, Texas, AS, pada Rabu 9 Desember 2020 malam atau . Kamis pagi waktu Indonesia. (Foto: SpaceX)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM –  Bos SpaceX, Elon Musk, tetap gembira kendati Prototipe Starship terbaru, kendaraan perak mengkilap yang dikenal sebagai SN8, meledak dalam uji coba terbang, Kamis (9/12/2020) malam atau Jumat pagi waktu Indonesia.

Setelah uji coba itu, Elon Musk menulis di Twitter: “Mars, kami datang!”

SN8 (singkatan dari “Serial No. 8”) lepas landas pada 17:45 EST (2245 GMT) dari fasilitas SpaceX di dekat Boca Chica, Texas Selatan, AS.

Target dari uji coba ini adalah untuk mencapai ketinggian sekitar 7,8 mil (12,5 kilometer) ke langit, melakukan beberapa manuver udara yang rumit – termasuk “belly flop” seperti yang akan dilakukan Starship terakhir saat kembali ke Bumi dalam penerbangan operasional – dan kemudian mendarat dengan selamat di dekat tempat peluncuran.

BACA JUGA:

Dalam uji coba ini, Starship SN8 SpaceX ‘hanya’ mencapai 165 kaki (50 meter) dan tampaknya mencatat semua pencapaian besar ini, kecuali yang terakhir: Kendaraan itu mencapai sasaran pendaratannya tetapi datang terlalu cepat, meledak dalam bola api yang dramatis selama 6 menit dan 42 detik setelah lepas landas .

Meledaknya SN8 tidak mengurangi semangat pendiri dan CEO SpaceX Elon Musk. Dia justru sangat gembira dengan hasil penerbangan hari ini.

“Tekanan tangki bahan bakar rendah saat melakukan pendaratan, menyebabkan kecepatan pendaratan menjadi tinggi & RUD, tapi kami mendapatkan semua data yang kami butuhkan! Selamat tim SpaceX, ya!!” kicau Elon Musk di Twitter.

Elon Musk memang tidak mengharapkan langsung sukses secara sempurna dan wire-to-wire hari ini. Dia sebelumnya memberi SN8 peluang 1 dari 3 untuk mendarat dalam kondisi utuh.

Itu karena penerbangan hari ini jauh lebih kompleks dan menuntut dibanding uji prototipe Starship lainnya. Rekor ketinggian sebelumnya adalah sekitar 500 kaki (150 m), dicapai oleh tiga kendaraan Starship yang berbeda – Starhopper yang gemuk, SN5 dan SN6 .

Ketiga pendahulu itu cukup sederhana; mereka tampak seperti silo terbang dan hanya menampilkan salah satu mesin Raptor generasi berikutnya dari SpaceX.

Sementara SN8 jauh lebih baik dan kompleks. Itu didukung oleh tiga Raptor dan memiliki kerucut hidung dan penutup tubuh yang menstabilkan.

Beberapa komponen baru pada SN8, menurut Elon Musk, telah berfungsi dengan baik. “Pendakian yang sukses, peralihan ke tangki header & kontrol flap yang tepat ke titik pendaratan!” kicau salah satu orang terkaya di dunia itu.

Bertujuan Bawa Manusia dan Kargo ke Planet Lain 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.