Catat, Senin 14 Desember 2020 Ini Ada Gerhana Matahari Total, Nonton di Sini…

Wilayah yang akan dilalui Gerhana Matahari Total pada 14 Desember 2020. (Gambar dari Space.com)
Wilayah yang akan dilalui Gerhana Matahari Total pada 14 Desember 2020. (Gambar dari Space.com)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Catat, hari Senin 14 Desember 2020 ini ada gerhana Matahari total. Ini merupakan satu-satunya fenomena gerhana Matahari total di tahun 2020 ini.

Sayangnya, fenomena ini hanya bisa disaksikan di Amerika Selatan. Artinya warga Indonesia dan Asia pada umumnya tidak bisa menyaksikannya.

Gerhana matahari total terjadi ketika bayangan bulan menutupi permukaan Bumi dari paparan sinar matahari, karena posisi bulan berada tepat di antara Bumi dan Matahari.

Tetapi jangan khawatir. Kita bisa menyaksikannya secara online melalui sejumlah webcast. Dan, tentu saja, tidak perlu memakai kacamata khusus.

BACA JUGA: 

Siaran tersebut sangat menguntungkan, mengingat pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung membuat upaya untuk menyaksikannya di tempat terbuka, apalagi bersama banyak orang, akan tidak aman dari penularan virus tersebut.

Gerhana akan dimulai pada 8:33 EST (1333 GMT) dan berakhir pada 13:53 EST (1853 GMT), dengan totalitas berlangsung paling lama 2 menit 10 detik.

Jalan sempit totalitas akan melintasi dari Saavedra, Chili, ke Salina del Eje, Argentina.   Sementara di  Cape Town, Afrika Selatan, hanya akan terjadi gerhana matahari sebagian.

NASA akan menyiarkan gerhana tersebut, dengan tampilan kamera dari Chili mulai pukul 9:40 EST (1440 GMT).

Pada 10:30 EST (1530 GMT), NASA akan memulai program bernarasi untuk acara tersebut dalam bahasa Spanyol. Keduanya akan tersedia untuk ditonton di Space.com atas izin NASA atau langsung melalui situs web agensi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.