17 ABK Warga Vietnam Diamankan, Diduga Curi Ikan di Perairan Natuna

Dua kapal ikan asing berbendera Vietnam saat diamankan TNI AL di Laut Natuna Utara, Kepri (Suryakepri.com/Dok Dispen Koarmada I)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

NATUNA, SURYAKEPRI.COM – Patroli rutin TNI Angkatan Laut (AL) KRI Sutedi Senaputra-378 (KRI SSA-378) menangkap dua kapal ikan asing (KIA) berbendera Vietnam yang melakukan kegiatan illegal fishing di perairan Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau, Minggu (13/12/2020).

Pada Minggu pagi, 09.30 WIB patroli rutin yang dilakukan KRI SSA-378 berada di bawah kendali operasi (BKO) Gugus Tempur Laut Koarmada I (Guspurla Koarmada I) mendeteksi kontak asing yang dicurigai kapal ikan sedang melakukan aktivitas penangkapan ikan di Perairan Laut Natuna Utara yang merupakan Landas Kontinen Indonesia.

Menindaklajuti kontak mencurigakan tersebut, Komandan KRI SSA-378 Letkol Laut (P) Tony Priyo memerintahkan untuk segera mendekati dan memastikan kedua kapal yang dicurigai sedang melakukan kegiatan penangkapan ikan secara ilegal.

Baca: Ketat di Pilkada Karimun, Data Sirekap KPU Minggu Siang Menunjukkan 50 : 50

Baca: Bakamla Sempat Kejar Kapal Asing Vietnam, Setelah Tiga Tembakan ke Udara Baru Takluk

Baca: Tabrakan Maut di Tanjungpinang Melibatkan Dua Honda Beat, Satu Meninggal Dunia

Kedua kapal yang menyadari kehadiran KRI berusaha melarikan diri dengan cara berpencar dengan menambah kecepatan berusaha untuk menjauh ke arah utara menghindari kejaran KRI SSA-378.

Komandan KRI SSA-378 memerintahkan peran tempur bahaya umum dengan melaksanakan prosedur untuk berusaha memberhentikan kedua kapal dengan cara memberikan isyarat untuk berhenti namun tidak diindahkan oleh Kapal tersebut.

Dengan melakukan manuver untuk memberhentikan kapal, akhirnya kedua kapal dapat dihentikan dan dirapatkan ke lambung kanan KRI. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan oleh Tim Visit Board Search and Seizure (VBSS).

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.