Friday, March 29, 2024
HomeLainnyaInternasionalJari Pria Ini Putus dan Mau Disambung Kembali, Malah Dibuang ke Tempat...

Jari Pria Ini Putus dan Mau Disambung Kembali, Malah Dibuang ke Tempat Sampah

spot_img

HONG KONG, SURYAKEPRI.COM – Rumah Sakit Prince of Wales Hong Kong melaklukan penyelidikan atas kasus jari yang putus tetapi malah dibuang ke tempat sampah saat operasi sedang berlangsung.

Rumah sakit mengatakan jari yang terputus akhirnya ditemukan di antara limbah medis ruang operasi, tetapi tidak dapat disambung kembali.

Jari telunjuk pasien terpotong dan dua lainnya terluka parah dalam kecelakaan kerja. Jarinya terpotong gergaji listrik.

Rumah Sakit Prince of Wales Hong Kong mengumumkan pada Jumat (18/12/2020) bahwa mereka meluncurkan penyelidikan setelah membuang jari yang dimaksudkan untuk disambungkan kembali ke seorang pria yang secara tidak sengaja memotongnya dengan gergaji listrik.

BACA JUGA: 

Setelah pasien dikirim ke ruang operasi pada pukul 18.30 pada hari Rabu, jari yang terputus disimpan dalam kotak plastik berisi air dengan berbagai catatan untuk menunjukkan isinya.

Para dokter memutuskan untuk terlebih dahulu melakukan jahitan pada pembuluh darah pada jari tengah dan jari manis, yang juga terluka parah, sebelum menempelkan kembali jari telunjuk yang terputus.

Namun, selama “penyerahan tugas” staf sekitar pukul 22:30, perawat tidak menemukan kotak berisi jari yang terputus.

Baru pada pukul 1.30 pagi, jari yang hilang itu ditemukan terbungkus sarung tangan steril asli di antara limbah medis ruang operasi.

Dokter menyimpulkan jari yang terputus itu tidak rusak, tetapi aliran darah ke jari tersebut tidak dapat dipulihkan, yang artinya pria yang tidak disebutkan namanya itu kehilangan jari telunjuknya untuk selamanya.

Seluruh prosedur pembedahan berlangsung sampai jam 6 Kamis pagi.

Pimpinan rumah sakit meminta maaf kepada pria itu dan keluarganya setelah insiden tersebut, yang diklasifikasikan sebagai peristiwa sentinel, atau “kejadian tak terduga” yang melibatkan kematian atau cedera serius.

“Rumah sakit sangat menyesal atas insiden itu,” kata mereka dalam pernyataan. “Panel analisis akar masalah akan disiapkan untuk menyelidiki insiden tersebut dan mengusulkan rekomendasi untuk mencegah terulangnya insiden tersebut.”

Laporan tentang masalah ini akan diserahkan ke Otoritas Rumah Sakit dalam waktu delapan minggu.(*)

Sumber: South China Morning Post 

Jari Telunjuk Putus, Jari Telunjuk Dibuang ke Sampah, RS Prince of Wales Hong Kong, Jari Terputus, Operasi Sambung Jari, Surya Kepri, Jari terpotong Gergaji Listrik    

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER