Tak Terima Hasil Pilkada di Karimun dan Lingga, Dua Paslon Ini Ajukan Gugatan ke MK

foto lembar pengajuan dua paslon di Kepri yang mengajukan permohonan hasil pemilihan
foto lembar pengajuan dua paslon di Kepri yang mengajukan permohonan hasil pemilihan
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

KARIMUN , SURYAKEPRI.COM – Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Karimun dan Lingga tidak berjalan mulus dibandingkan di kabupaten/kota lainnya yang ada di Kepulauan Riau (Kepri). Hasil pilkada dua kabupaten ini harus diselesaikan di Makamah Konstitusi (MK).

Sebab, salah satu pasangan calon (paslon) masing-masing di daerah ini mengajukan permohonan perselisihan hasil pemilihan secara online menggugat hasil penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun dan Lingga beberapa hari lalu.

Berdasarkan data yang diperoleh Suryakepri.com pada Sabtu (19/12/2020), ada dua paslon di Kepri yang mengajukan permohonan hasil pemilihan sebagai berikut;

.BACA : KPU Karimun Sebut Pemungutan Suara Ulang di Tangan MK

.BACA : Petahana Bupati Karimun Buka Ruang Rekonsiliasi dengan Lawan Politik Iskandarsyah

.BACA : Lewat Sebuah Pantun Paslon 02 Karimun Nyatakan Bakal Gugat ke MK, Pantunnya Begini…

1. Pada Jumat (18/12/2020) Paslon Nomor Urut 1 Ir. H. Muhammad Ishak, M.M. dan Salmizi, S.T, selaku pemohon mengajukan pokok permohonan 2020 PHP Bupati Lingga Tahun 2020, Nomor APPP : 23/PAN.MK/AP3/12/ dengan termohon KPU Kabupaten Lingga, Kepri.

2. Pada Jumat (18/12/2020) Paslon Nomor Urut 2 Iskandarsyah dan Drs. H. Anwar, M.Si., M.M.P. juga mengajukan permohonan dengan pokok permohonan 2020
PHP Bupati Karimun Tahun
2020, Nomor APPP : 69/PAN.MK/AP3/12/2020 dengan termohon KPU Kabupaten Karimun, Kepri.

Di lihat dari data yang diperoleh MK telah menerima permohonan sebanyak 75 pemohon sengketa Pilkada 2020 di seluruh Indonesia, terdiri dari Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati sebanyak 67 pemohon dan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 8 pemohon.

.BACA : Lalai Berkendara, Mobil Lori Jatuhkan Kaca di Simpang Empat Gelael

Permohonan itu tersebar di Provinsi Pabar 7 pemohon, Papua 2 pemohon, Malut 7 pemohon, Maluku 2 pemohon, Gorontalo 5 pemohon, Sultra 4 pemohon, Sulsel 2 pemohon, Sulteng 3 pemohon, Kaltara 2 pemohon, Kaltim 1 pemohon, Kalsel 2 pemohon, Kalteng 1 pemohon Kalbar 1 pemohon, NTT 4 pemohon, Banten 1 pemohon, Jateng 3 pemohon, Jabar 3 pemohon, Kepri 2 pemohon, Lampung 6 pemohon, Sumsel 4 pemohon, Bengkulu 2 pemohon, Jambi 1 pemohon, Riau 2 pemohon, Sumbar 2 pemohon dan Sumut 6 pemohon. (*)

Penulis : Muhammad Bunga Ashab

Editor  : Sudianto Pane

Sumber: Bagian Advokasi dan Penyelesaian Sengketa Hukum
Biro Hukum Sekretariat Jenderal
Komisi Pemilihan Umum
Republik Indonesia

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.