Friday, March 29, 2024
HomeBatamBNN Kota Batam Bentuk 80 Relawan

BNN Kota Batam Bentuk 80 Relawan

spot_img

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Melihat penyebaran narkotika di Indonesia, khususnya Kota Batam masih terus berlangsung, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Batam giatkan upaya pencegahan.

Menurut Kepala BNN Kota Batam, AKBP Heryanto, S.E., selama tahun 2020, BNN Kota Batam telah menjalankan berbagai program pencegahan penyebaran narkotika, salah satunya adalah pembentukan Relawan Anti Narkoba.

Relawan ini berjumlah 80 orang yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat.

Jumlah ini ditambah juga dengan 17 orang relawan non-DIPA dari Satuan Tugas Anti Narkoba yang dibentuk secara mandiri oleh SMP Kartini II Batam.

.BACA :

. Asyik Pesta Narkoba di Tempat Karaoke, Tiga Pria Dicokok Polisi di Bintan Timur

. Sudah Dua Pelaku Pelempar HP ke Dalam Lapas Narkotika Tanjungpinang Ditangkap, Ada yang Ngaku 80 Kali Melakukan

. Waspada! Tahun 2021, Polda Kepri Tembak Pelaku Pengedar Narkoba

Adapun jumlah relawan tersebut terdiri dari 30 relawan yang termasuk Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), 20 orang pendidik/guru, 10 orang petugas lapangan Keluarga Berencana, serta 50 relawan non-Dipa dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

“Elemen tenaga pendidik yang tergabung dalam 80 relawan ini juga sudah kita edukasi, mereka sudah berbuat dalam upaya pencegahan dengan cara memberikan sosialisasi lewat zoom ketika mengajar,” jelas Heryanto.

Selain pembentukan 80 relawan tersebut, BNN Kota Batam juga menerapkan upaya pencegahan berupa penandatanganan nota kesepahaman dengan 13 Lembaga, mulai dari Lembaga Pemerintahan hingga Lembaga Pendidikan.

BNN Kota Batam, melalui Seksi P2M, juga telah mengimplementasikan tes urine sebanyak 10 kegiatan. Kegiatan itu menyasar 206 orang, yang mana 3 orang di antaranya terdeteksi positif menggunakan narkoba.

“Selama tahun 2020, seksi rehabilitasi BNN Kota Batam telah menyelenggarakan layanan rehabilitasi terhadap 57 orang dan telah mengeluarkan sejumlah 179 SKHPN,” ujar Heryanto.

.BACA : 

. Kaleidoskop Narkoba Karimun 2020: Penanganan Kasus Turun, Penyitaan Barang Bukti Meningkat

Meski upaya-upaya pencegahan narkotika telah secara intens dijalankan, namun BNN Kota Batam belum melaksanakan upaya pemberantasan.

Berbagai pemberantasan kasus-kasus narkotika selama ini masih bekerjasama dengan BNN Provinsi Kepulauan Riau.(*)

Penulis : Fernando

Editor  : Sudianto Pane

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER