[RISET] Peneliti Hong Kong Temukan Cara Deteksi Risiko Autisme dengan Scan Bagian Belakang Mata

Teknik deteksi autis dengan cara mengambil citra retina, yang kemudian dianalisis menggunakan komputer. (Foto: Winson Wong/SCMP)
Teknik deteksi autis dengan cara mengambil citra retina, yang kemudian dianalisis menggunakan komputer. (Foto: Winson Wong/SCMP)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

STORY HIGHLIGHTS: 

  • Tim Universitas China mempelajari gambar retina yang diambil dengan kamera khusus untuk tanda fisik yang ditemukan pada mata anak-anak dengan gangguan autis.
  • Metode pendekatan menjanjikan alat diagnostik cepat yang akurat hingga 96 persen, tetapi mereka membutuhkan lebih banyak subjek tes untuk mengembangkan teknik diagnosa ini.

HONG KONG, SURYAKEPRI.COM –  Para peneliti di Hong Kong mengatakan mereka telah mengembangkan metode pertama di dunia untuk mendeteksi autisme pada anak-anak dengan memindai dan menganalisis bagian belakang mata menggunakan kamera dan teknologi komputer.

Proses cepat dan non-invasif dapat mengidentifikasi anak-anak yang berisiko gangguan perkembangan dengan akurasi hingga 96 persen.

Namun demikian, penerapan yang lebih luas dari temuan ini terhambat oleh kurangnya subjek penelitian, kata ketua tim Profesor Benny Zee Chung-ying, direktur pusat penelitian klinis dan biostatistik di Universitas China.

Tim menggunakan kamera khusus yang sudah tersedia di pasaran untuk mengambil gambar retina dan memindai tanda-tanda yang menunjukkan risiko gangguan spektrum autisme (ASD).

Perbedaan tersebut tidak terlihat dengan mata telanjang, tetapi analisis komputer menemukan perbedaan utama antara anak-anak dengan kondisi tersebut dan mereka yang tidak.

Pada subjek dengan ASD, diameter cakram optik, tempat neuron keluar dari mata dan dapat dilihat sebagai titik bulat terang pada gambar, lebih besar.

BACA JUGA:

Mereka juga memiliki cangkir optik yang jauh lebih besar, yang terletak di tengah cakram optik.

Tes pada 46 anak-anak dengan ASD dan diagnosis kelompok kontrol cocok menunjukkan naik akurat untuk 96 persen dari waktu, menurut tim, yang menerbitkan temuan dalam The Lancet ‘s EClinicalMedicine jurnal pada bulan November.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.