Sepekan Ke Depan Wilayah Tanjungpinang dan Bintan Berpotensi Diguyur Hujan, Ini Peringatan Dini BMKG

Kondisi cuaca di Tanjungpinang (Suryakepri.com/Muhammad Bunga Ashab)
Kondisi cuaca di Tanjungpinang (Suryakepri.com/Muhammad Bunga Ashab)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

TANJUNGPINANG, SURYAKEPRI.COM – Sepekan ke depan wilayah Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri) berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan-sedang hingga lebat .

Atas kondisi cuaca itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mengeluarkan peringatan dini terkait hujan disertai petir dan angin kencang.

“Waspadai hujan dengan intensitas ringan-sedang yang bersifat lokal untuk satu minggu ke depan yang disebabkan oleh awan Cumulonimbus yang dapat disertai petir dan angin kencang,” ujar Prakirawan BMKG Tanjungpinang Khalid Fikri Nugraha Isnoor, Senin (4/1/2021).

.BACA :

Longsor di Jalan Cendrawasih Tanjungpinang Sebabkan 14 Rumah Rusak Berat

Dari 9 Titik Banjir di Tanjungpinang, Ratusan Orang Berhasil Dievakuasi Tim SAR

Personel Basarnas Cari Warga Tanjung Sebauk Tanjungpinang yang Hilang Terseret Arus Laut

Hal itu diketahui berdasarkan analisis dinamika atmosfer, pengaruh fenomena cuaca skala global (ENSO dan SST) masih berpengaruh terhadap penambahan massa udara di wilayah Indonesia hingga dasarian I Januari 2021. Analisis IOD dan MJO tidak berpengaruh signifikan terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia.

Ditinjau berdasarkan pengaruh fenomena cuaca skala regional dan
lokal Monsun Asia aktif serta adanya wilayah belokan angin (shearline) mengakibatkan adanya perlambatan massa udara, Kelembapan udara yang cukup tinggi juga mendukung terhadap pertumbuhan awan konvektif penghasil hujan, namun tiupan angin yang cukup kuat dapat mempengaruhi pertumbuhan awan konvektif yang tumbuh di wilayah Kota Tanjungpinang dan Kabuparen Bintan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.