Fatwa MUI Soal Vaksin Sinovac Sudah Selesai, Disebut Halal dan Suci

Vaksin Sinovac (Foto: RRI)
Vaksin Sinovac (Foto: RRI)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

Fatwa MUI tentang vaksin covid-19 yang diproduksi perusahaan Sinovac telah resmi ditetapkan. Vaksin Sinovac halal dan suci.

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi menetapkan fatwa halal untuk vaksin covid-19 yang diproduksi perusahaan asal China, Sinovac. Vaksin Sinovac boleh digunakan oleh umat Islam.

“Memutuskan, menetapkan fatwa ketentuan hukumnya vaksin Covid-19 produksi Sinovac Life Sciences China dan Bio Farma hukumnya suci dan halal,” kata Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Niam dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (11/1).

Sebelumnya, BPOM juga menerbitkan izin penggunaan darurat untuk vaksin Covid-29 dari Sinovac.

Tingkat kemanjuran atau efikasi vaksin Sinovac mencapai 65,3 persen berdasarkan uji klinis fase 3 di Bandung, Jawa Barat.

Angka tersebut sudah sesuai dengan standar atau ambang batas efikasi yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni minimal 50 persen.

Menurut BPOM, efek samping yang ditimbulkan bersifat ringan hingga sedang. Efek samping bersifat lokal berupa nyeri, iritasi, pembengkakan. Sementara efek samping sistemik, berupa nyeri otot, fetik, dan demam.

Sedangkan frekuensi efek samping dengan derajat berat, sakit kepala, gangguan di kulit atau diare yang dilaporkan hanya 0,1 sampai dengan 1 persen.

Efek samping tersebut bukan efek samping yang berbahaya dan dapat pulih kembali.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.