Jokowi Dikabarkan Pilih Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri Baru

Penulis: Eddy Mesakh

Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Humas Polri)
Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Humas Polri)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

JAKARTA, SURYAKEPRI.COM – Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo dikabarkan telah memilih Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri baru menggantikan Jenderal Pol ldham Azis yang akan pensiun 25 Januari 2021.

Namun demikian, informasi resminya belum dirilis.

Laporan bahwa Presiden Jokowi telah memilih Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri baru diungkapkan oleh situs medianaganews.com, Senin (11/1/2021) dari sumber di Komisi III DPR RI.

Nantinya Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan dikunjungi tim dari Komisi III DPR RI ke kediamannya serta melakukan wawancara dengan keluarganya.

BACA JUGA: 

Selanjutnya Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan menjalani fit and propper test atau uji kepatutan dan kelayakan.

Disebutkan bahwa uji kepatutan dan kelayakan akan dilakukan pada hari Rabu (13/1/2021) di Komisi III DPR-RI.

Pada kesempatan itu Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo  akan diminta memaparkan program-program yang bakal dilakukan setelah ditetapkan dalam sidang paripurna DPR yang kemudian akan dilantik oleh Presiden sebagai Kapolri.

Penunjukkan Listyo Sigit sebagai Kapolri, memang sudah diprediksi sebelumnya, karena kedekatan (chemistry) antara Listyo dengan Presiden Jokowi.

Prestasi yang ditunjukkan Listyo Sigit setelah baru saja menjadi Kabareskrim akhir tahun 2019 lalu, ketika mengungkap kasus penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan.

Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo juga berprestasi dalam menangkap buronan kelas kakap Joko S Chandra di Malaysia.

Sigit memimpin langsung tim penangkapan yang bekerja sama dengan Polisi Diraja Malaysia.

Proses hukum terhadap dua oknum jenderal polisi yang terlibat persengkongkolan dengan Joko S Chandra dilakukan secara profesional dan transparan oleh penyidik Bareskrim Polri.

Jika Sigit dilantik sebagai Kapolri minggu ini, dia adalah jenderal Kristen kedua yang pernah memimpin Korps Bhayangkara.

Sebelumnya, di era Presiden Soeharto, Polri juga pernah dipimpin Kapolri beragama Kristen, yakni Jenderal Widodo Budidarmo.

Seperti diketahui, ada tiga nama Komjen yang disodorkan kepada Presiden Joko Widodo untuk ditunjuk sebagai Kapolri.

Mereka adalah Komjen Pol Gatot Edy Pramono, Komjen Pol Boy Rafly Amar, Komjen Pol  Listyo Sigit Prabowo, Komjen Pol Arief Sulistyanto, dan Komjen Pol Agus Andrianto.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam)  Mahfud MD menyatakan kelima nama yang diusulkan itu semuanya memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, dan jam terbang.(*)

Presiden Joko Widodo, Presiden Tunjuk Kapolri, Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Kapolri, Jenderal Pol ldham Azis   

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.